28 November 2022

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Genshin Impact Versi 3.3: Kisah Scaramouche menjadi Wanderer dan Festival Hantu di Inazuma

Di versi ini, pemain bisa menikmati permainan kartu Genius Invokation TCG dengan gameplay unik dan beragam pilihan kartu

Sejak diumumkannya Scaramouche (yang kini dikenal dengan nama Wanderer) sebagai playable character beberapa saat yang lalu, banyak pemain yang tidak sabar akan kedatangan update Genshin Impact versi 3.3. Komunitas menantikan gameplay utuh dan juga kisah di balik perubahan elemen dari Electro ke Anemo.

Melalui siaran langsung di Twitch dan YouTube, HoYoverse menyajikan gameplay Wanderer dengan rapi dan epik. Selain itu, mereka juga menjelaskan hal-hal apa saja yang akan mengisi versi tersebut, mulai dari karakter, senjata, event, hingga fitur permanen baru, Genius Invokation TCG.

Genshin Impact versi 3.3 akan dirilis pada tanggal 7 Desember 2022 dan akan kembali berlangsung dengan durasi normal, yakni selama 6 minggu. Berikut ini ringkasannya:

Karakter dan Senjata

Dua karakter terbaru, yaitu Wanderer dan Faruzan, akan mengisi fase pertama untuk versi 3.3. Keduanya juga akan ditemani oleh rerun dari Arataki Itto. Walaupun belum ada pengumuman mengenai karakter B4 lain di fase pertama, namun besar kemungkinan Gorou juga akan hadir, mengingat ia hanya tersedia ketika Itto mengisi versi tersebut di masa lampau.

Untuk fase kedua, banner akan diisi oleh rerun dari Raiden Shogun dan Kamisato Ayato. Sama seperti spekulasi Gorou, di banner ini besar kemungkinan Kujou Sara akan kembali, mengingat ia merupakan buffer untuk karakter Electro, khususnya Raiden Shogun.

Seperti biasa, untuk karakter B5 baru, senjata signature mereka juga akan dirilis. Kali ini sebuah catalyst yang bernama Tulaytullah's Remembrance akan mengisi banner senjata di fase pertama, yang mungkin akan ditemani oleh Redhorn Stonethresher yang merupakan senjata signature Arataki Itto.

Selain itu, update Genshin Impact versi 3.3 juga akan memberikan sebuah sword secara gratis, yang bisa pemain dapatkan setelah menyelesaikan event yang ditentukan.

Quest

Walaupun Archon Quest Sumeru telah usai pada versi 3.2, rupanya akan ada sedikit kelanjutan mengenai nasib Scaramouche. Melalui Interlude Chapter, Nahida meminta Traveler dan Paimon untuk kembali ke pohon Irminsul bersama Scaramouche untuk mencari informasi.

Artifact

Terdapat sepasang Artifact baru yang akan dirilis pada versi 3.3. Dari deskripsi yang diberikan, Artifact Desert Pavilion Chronicle tampaknya didesain khusus untuk mendukung cara bermain Wanderer, dengan memberikan Anemo DMG Bonus, serta tambahan kepada Normal dan Charged Attack.

Sedangkan Artifact Flower of Paradise Lost sepertinya diperuntukkan bagi karakter-karakter yang bermain dengan reaksi Bloom, Hyperbloom, dan Burgeon, seperti Kuki Shinobu dan Thoma.

Event

Terdapat sejumlah event yang akan mengisi versi ini, yaitu:

Akitsu Kimodameshi

Event baru ini akan mengambil tema festival hantu musim panas khas Jepang, yang tentunya akan diadakan di Inazuma. Pada event kali ini, pemain akan disuguhi sebuah mini-game ala Brick Breaker, namun dengan tambahan mekanik reaksi elemen.

Bola yang dipantulkan dapat berubah, sesuai elemen karakter yang sedang pemain gunakan. Hadiah utama dari event ini adalah sebuah sword B4 yang bisa diperoleh hingga refinement maksimum.

Across the Wilderness

Di event ini, pemain akan ditantang untuk mencari dan memecahkan balon yang tersebar pada sebuah area. Selesaikan tantangan dalam waktu yang ditentukan untuk mendapatkan beragam hadiah.

Misty Dungeon: Realm of Sand

Misty Dungeon merupakan sebuah event pertarungan yang biasanya memberikan pemain sejumlah karakter trial yang bisa dicoba secara serentak untuk menyelesaikan tantangan. Dengan event ini, pemain bisa mencoba lebih bebas sebuah karakter, yang tidak bisa atau sulit dilakukan pada fitur Demo Character.

Windtrace

Windtrace, salah satu event yang paling digemari komunitas juga akan mengisi versi ini. Event petak umpet kali ini akan mendapatkan balancing serta penyesuaian agar Hunter dan Rebel memiliki kesempatan yang berimbang untuk memenangkan pertarungan.

Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah kali ini Rebel yang telah tertangkap masih bisa berpartisipasi untuk mengganggu Hunter yang tengah mencari Rebel lain. Sebelumnya, pemain yang telah tertangkap hanya bisa menonton hingga permainan usai.

Ley Line Overflow

Untuk menutup versi 3.3, Ley Line Overflow akan diadakan kembali pada minggu terakhir. Pemain akan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah ganda ketika mengklaim Ley Line Mora dan Hero's Wit. Jenis Resin yang bisa dipakai di event ini hanyalah Original Resin, dan setiap pemain hanya diberi jatah tiga kali klaim saja untuk hadiah ganda tersebut. Selebihnya, hadiah yang didapatkan akan berjumlah normal.

Genius Invokation TCG

Dan fitur terakhir yang diperkenalkan pada siaran langsung kemarin adalah Genius Invokation TCG, sebuah fitur permanen berupa permainan kartu. Dari presentasi yang diberikan, pertarungan kartu akan memanfaatkan elemen dan reaksi elemen yang tercipta, layaknya mekanik pertarungan yang diterapkan di Genshin Impact.

Sayangnya belum ada penjelasan resmi mengenai cara bermain serta daftar kartu yang tersedia. Penjelasan ini mungkin akan diberikan sebelum versi 3.3 dirilis, atau sesaat setelahnya. Untuk mendapatkan kartu, pemain harus mengumpulkan poin, yang bisa didapatkan dengan menantang NPC yang tersebar.

Ketika pemain sudah memiliki level yang tinggi, pemain dapat mengakses fitur PVP, dan bisa menantang pemain lain. Walaupun memiliki mode PVP, dijelaskan bahwa mode ini tidak memberikan hadiah. Belum ada penjelasan juga apakah akan ada fitur Matchmaking atau Leaderboard layaknya game TCG pada umumnya.