Vivo Y36 Series Resmi Dijual di Indonesia, Usung Dynamic Glass Design untuk Entry Level

Vivo kembali mengeluarkan smartphone yang ditujukan untuk pasar pemula, yaitu dengan seri Y. Untuk seri Y36 ternyata menggunakan SOC baru

Perangkat smartphone dari setiap vendor yang paling diterima di masyarakat biasanya ada di kelas entry level. Oleh karena itu, para vendor berlomba-lomba untuk mengeluarkan perangkat terbaiknya pada kelas yang satu ini. Sama seperti Vivo yang tidak pernah absen mengeluarkan perangkat seri Y. Pada tahun 2023 ini, seri Y yang dikeluarkan Vivo adalah seri Y36.

Sang penerus dari Y35 ini merupakan yang pertama di kelasnya yang memakai desain Dynamic Glass yang sering hadir pada perangkat flagship. Seri ini juga menawarkan pilihan warna dan layar Ultra O Screen 90 Hz Sunlight Display dengan dimensi 6,64 inci. Vivo Y36 Series juga memiliki ruang penyimpanan internal 2x lebih besar dari seri sebelumnya, yaitu 256GB.

Vivo Y36 Series hadir dalam dua varian, yaitu Vivo Y36 dan Vivo Y36 5G, dengan desain dan inovasi Dynamic Glass sebagai yang pertama dalam seri Y. Vivo menghadirkan berbagai pilihan warna yang indah dan menawan untuk setiap varian. Varian Vivo Y36 hadir dalam warna Glitter Aqua dengan efek kilauan air dan warna Meteor Black dengan permukaan matte elegan. Varian Vivo Y36 5G hadir dalam warna Crystal Green yang memberikan efek cermin dan warna Mystic Black yang memunculkan rasa eksplorasi.

Vivo menghadirkan 2 SoC berbeda pada seri Y36 ini. Pada Vivo Y36, SoC yang digunakan adalah Snapdragon 680 dari Qualcomm. Perangkat ini masih menggunakan prosesor Kryo 265 berbasiskan Cortex A73 berkecepatan 2,4 GHz sebanyak 4 inti. Empat inti lainnya adalah Cortex A53 berkecepatan 1,9 GHz.

Untuk seri Y36 5G, Vivo memasangkan sebuah chipset lama dengan nama baru. SoC yang dipakai adalah Dimensity 6020 yang merupakan rebrand dari Dimensity 700. Dan seperti yang kita ketahui, chipset Dimensity memiliki kemampuan untuk terhubung ke jaringan 5G dengan dua kartu SIM. Chipset ini sendiri memang ditujukan untuk para pengguna di entry level.

Vivo Y36 Series dilengkapi dengan fitur tahan debu dan percikan air dengan sertifikasi IP54 Dust-Resistant and Splash Waterproof. Seri ini juga telah melewati berbagai uji daya tahan seperti drop test, USB plugging test, serta penggunaan di suhu yang tinggi. Dengan ini, Vivo mengklaim bahwa perangkat yang satu ini bakal memiliki ketahanan yang tinggi.

Pada sisi kamera, sepertinya kedua perangkat menggunakan sensor yang sama. Pada bagian belakangnya terdapat kamera utama dengan resolusi 50 MP. Untuk bagian depannya terdapat kamera dengan resolusi 16 MP.

Mulai 25 Mei hingga 31 Mei 2023, Vivo Indonesia membuka penjualan varian Vivo Y36 dengan harga Rp3.399.000,-. Smartphone ini dapat dipesan melalui program Pre-Order secara eksklusif melalui vivo e-store, mitra e-commerce, dan toko resmi Vivo di Indonesia. Namun untuk Vivo Y36 5G, konsumen harus menunggu sedikit lebih lama karena belum tersedia saat ini.