Game News
for SEO
Game News

Pengembangan World of Warcraft Mobile Resmi Dihentikan

6 August 2022Daniel Hamiaz

Alasan penghentian oleh Blizzard dan NetEase dikarenakan faktor finansial yang tidak disepakati kedua belah pihak.

Salah satu game yang akan melanjutkan franchise Warcraft, yaitu World of Warcraft Mobile, kandas di tengah jalan. Pasalnya, Activision Blizzard dan NetEase selaku Developer dan Publisher, sepakat untuk menghentikan pengembangan game ini.

Dilansir dari Bloomberg, kedua perusahaan raksasa ini memiliki permasalahan di bidang finansial. Tidak terlalu dijelaskan mendetail mengenai duduk perkara dari permasalahan yang kedua pihak hadapi. NetEase sendiri telah memberhentikan setidaknya 100 Developer, yang terlibat di dalam proyek ini.

Walaupun begitu, kabar ketidakharmonisan ini ditampik oleh Blizzard. “Kami masih memiliki hubungan yang kuat dengan NetEase, dan mengenai perselisihan tentang keuangan, merupakan hal yang tidak benar.” ujar Andrew Reynolds, salah satu juru bicara dari Blizzard. Sedangkan NetEase belum memberikan pernyataan apa-apa mengenai kasus ini.

World of Warcraft Mobile (nama sementara) merupakan sebuah game terbaru dari kerjasama Blizzard dan NetEase. Alasan Blizzard menggandeng NetEase, karena jangkauannya yang luas di pasar mobile. Game ini sebelumnya dikenal dengan kode “Neptune”, yang akan bertempat di dalam universe World of Warcraft, yang juga sama-sama bergenre MMORPG.

Meski demikian, masih terdapat satu judul game lagi yang masih Blizzard kembangkan, yaitu Warcraft Arclight Rumble. Dibandingkan game-game Blizzard lainnya, pengumuman Warcraft Arclight Rumble ternyata disambut baik oleh komunitas. Game ini juga akan mengambil tema Warcraft, walau genre yang diambil sangat berbeda.

Setelah diakuisisi Microsoft, Activision Blizzard masih berupaya memperbaiki citra mereka di mata publik. Dengan memperbaiki manajemen dan juga merilis game baru, mungkin ini harapan dan jalan yang akan mereka tempuh dalam beberapa waktu mendatang.

Kondisi keuangan Activision Blizzard sendiri sebenarnya sedang dalam kondisi yang kurang baik. Pada kuartal pertama tahun ini, mereka mengalami penurunan pendapatan sebesar 49%. Faktor utama yang menyebabkan masalah ini adalah menurunnya jumlah pemain untuk setiap game franchise Call of Duty.

Diablo Immortal yang notabene merupakan game mobile dari Blizzard juga mendapatkan kritik yang bertubi-tubi, bahkan sejak game ini belum dirilis. Hal yang paling disorot di game ini adalah mengenai monetisasi yang dinilai terlalu serakah.

Others from #HybridTV

// //