16 August 2022

by Daniel Hamiaz

Microsoft Akui Penjualan Xbox One hanya Separuh dari PlayStation 4

Walaupun pengakuan berani ini mereka beberkan secara publik, Microsoft masih merahasiakan data penjualan Xbox One hingga saat ini.

Microsoft baru saja merilis sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan mengenai penjualan konsol mereka. Mereka mengakui bahwa PlayStation 4 memiliki hasil penjualan yang lebih banyak dibandingkan dengan Xbox One. Tak tanggung-tanggung, selisih yang dicapai hingga 2 kali lipat.

Semuanya tercantum di dalam sebuah laporan yang mereka berikan di National Competition Regulator untuk Brazil. "Sony telah melampaui Microsoft dalam hal penjualan konsol dengan menjual lebih dari 2 kali lipat dari Xbox generasi sebelumnya," tulis Microsoft.

Walaupun telah mengakui keberhasilan Sony dalam penjualan konsol, Microsoft tidak menyatakan secara detail mengenai berapa banyak angka yang mereka dapatkan, dibandingkan dengan penjualan PlayStation 4. Sony sendiri juga diketahui sudah lama tidak melaporkan hasil penjualan PlayStation 4 mereka, mengingat kini sudah ada PlayStation 5 sebagai konsol generasi terbaru.

Mereka juga sedikit menyinggung bahwa mereka tidak akan menang melawan PlayStation dalam urusan "loyalitas Brand". Dengan demikian, Microsoft mulai beralih dari "Device-centric" menuju pendekatan yang lebih "Consumer-centric" atau dalam hal ini "Gamer-centric". Contoh layanannya adalah Xbox Game Pass, yang bisa diakses tanpa menggunakan konsol, seperti dengan kerjasama mereka dengan Samsung.

Jika Anda tertarik dengan Xbox Game Pass, Anda bisa cek rekomendasi game versi Hybrid di sini.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1557340150593626112%7Ctwgr%5E6616ecf308f9bdf84cbfdcbf4329f5fda94ab14e%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.playstationlifestyle.net%2F2022%2F08%2F15%2Fmicrosoft-talks-ps4-vs-xbox-one-sales%2F

Data penjualan terakhir yang Sony berikan kepada publik adalah pada bulan Maret di tahun ini. Angka penjualan yang berhasil mereka capai adalah sebanyak 117,2 juta unit PS 4 di seluruh dunia.

Belum diketahui, apakah Microsoft memakai data tersebut atau mungkin mereka memakai data yang lebih aktual. Apabila data tersebut menjadi acuan, maka angka penjualan PlayStation 4 per bulan Maret 2022, maka Xbox One diperkirakan telah terjual sebanyak 58,6 juta unit.

Walaupun penjualan Xbox One tidak sesukses kompetitornya, namun tidak demikian dengan Xbox Series X|S mereka. Penjualan Xbox Series X|S di Jepang mampu mengalahkan penjualan PlayStation 5 di tahun ini. Sekitar satu juta unit juga berhasil terjual di Inggris, dengan total penjualan mencapai 12 juta unit di seluruh dunia per Januari 2022.