16 August 2022

by Glenn Kaonang

Animoca Brands Gandeng Juara Catur Dunia untuk Bikin Game Catur Blockchain

Lewat anak perusahaannya, Animoca Brands berkolaborasi dengan Magnus Carlsen untuk mengembangkan game catur blockchain berjudul Anichess

Animoca Brands terus menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem Web3 berskala global, khususnya yang berkaitan langsung dengan ranah gaming. Yang terbaru, pemodal ventura asal Hong Kong tersebut mengumumkan rencananya untuk membuat game catur berbasis blockchain berjudul Anichess.

Anichess dideskripsikan sebagai game catur yang sarat elemen GameFi dan memiliki ekosistem play-and-earn. Game catur blockchain ini dikembangkan oleh Lympo, platform NFT olahraga yang merupakan anak perusahaan Animoca, dengan bantuan dari Play Magnus Group.

Buat yang familier dengan dunia catur, Anda semestinya tahu bahwa Play Magnus Group merupakan perusahaan yang didirikan oleh Magnus Carlsen, pecatur istimewa asal Norwegia yang masih mempertahankan gelar Juara Catur Dunia sejak 2013 hingga sekarang. Di bawah arahannya, Play Magnus telah berkembang menjadi ekosistem layanan online seputar catur dengan lebih dari 60.000 pengguna berbayar setiap bulannya.

Kemitraan dengan Play Magnus Group ini memungkinkan Lympo untuk berkolaborasi dengan lebih dari 30 Grandmaster catur di seluruh dunia, termasuk Jan-Krzysztof Duda, Liem Le, dan tentu saja Magnus Carlsen itu sendiri. Selain membantu memberikan arahan, mereka juga akan memonitor dan menguji Anichess secara langsung.

Lebih lanjut, Play Magnus Group juga berencana mengundang para pecatur top untuk berkontribusi terhadap pengembangan engine catur dalam Anichess. Tujuannya tidak lain untuk membantu pemain dari seluruh tingkat kemampuan mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan.

"Konsep Anichess akan memperkuat pengalaman catur tradisional dengan lapisan strategis baru yang fenomenal yang akan menghasilkan situasi yang belum pernah terlihat sebelumnya," ucap Tadas Maurukas, cofounder dan CEO Lympo, dalam siaran pers.

Kalau melihat video teaser-nya di atas, sepertinya permainan catur dalam Anichess akan berlangsung sedikit berbeda dari biasanya berkat 'bumbu' deretan skill aktif yang dapat dieksekusi selama pertandingan berlangsung. Sayang sejauh ini masih belum banyak detail lebih jauh yang bisa kita ketahui dari Anichess.

Satu hal yang pasti, Anichess akan memanfaatkan token $SPORT milik Lympo sebagai utility token utamanya, yang sendirinya akan berperan sebagai gerbang menuju ekosistem GameFi dan NFT olahraga milik Lympo yang lebih luas. Anichess kabarnya akan dirilis di tahun 2023, namun sejauh ini masih belum ada jadwal yang lebih pasti dari itu.

Via: NFT Gators.