10 April 2023

by Galih

WIR Group dan Bahaso Jalin Kolaborasi Metaverse Pertama

Kerjasama keduanya diharapkan meningkatkan pengalaman belajar dengan menggunakan teknologi

Seiring dengan perkembangan ekosistem metaverse di Indonesia, kini semakin banyak perusahaan teknologi yang akhirnya berkolaborasi untuk dapat memperkuat sekaligus mempercepat proses pengembangannya.

Salah satu kerjasama terbaru dilakukan oleh perusahaan pengembang solusi platform teknologi, PT WIR Asia Tbk (WIR Group) dengan perusahaan edutek asal Indonesia, Bahaso.

Kedua perusahaan ini disebut ingin mengintegrasikan dua ekosistem metaversedalam membangun ekosistem pendidikan digital di Indonesia.

Kerjasama dua perusahaan ini diresmikan melalui penadatanganan kerjasama di kantor pusat WIR Group, di Sequis Tower, Jakarta Selatan.

Pihak PT WIR Asia Tbk diwakili oleh Gupta Sitorus, Chief of Marketing and Sales WIR Group. Sedangkan dari Bahaso diwakilkan oleh Allana Abdullah yang merupakan Direktur Utama dan CEO dari Bahaso.

Image credit: WIR Group

Kolaborasi dua perusahaan anak bangsa ini diharapkan menjadi kolaborasi platform metaverse pertama di Indonesia. Kedua perusahaan memiliki visi dan misi yang sama yakni memberikan inovasi pengalaman belajar serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Bahaso melihat potensi Metaverse dalam bidang pendidikan terutama dalam menciptakan platform yang lebih imersif dan interaktif." ungkap Allana Abdullah lewat siaran pers resminya.

Allana menyebutkan ingin menggabungkan ekosistem metaverse milik Bahaso dengan WIR Group untuk memperkuat platform metaverse kami agar lebih solid dan terintegrasi. Sehingga para pengguna mendapatkan experience balajar yang lebih menarik.

Lulusan dari Universitas Pelita Harapan tersebut ingin membuat platform belajarnya menjadi layaknya bermain game. Allana merasa bahwa hal tersebut dapat meningkatkan motivasi pengguna untuk terus belajar.

Nantinya, Allana berharap para pengguna Bahaso dapat memanfaatkan kombinasi teknologi web 3.0 melalui ekosistem metaverse dengan dukungan blockhain dan AI memungkinkan para pengguna dapat menjelajahi lingkungan virtual.

Karena teknologi tersebut nantinya dapat berinteraksi dengan objek dan simulasi yang mungkin tidak dapat dilakukan di dunia fisik. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep kompleks dan membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Transisi dunia pendidikan dari teknologi web 2.0 menjadi web 3.0 menjadi perkembangan teknologi yang memberikan warna baru pada dunia pendidikan di Indonesia. Kolaborasi dari dua pemain teknologi Indonesia ini bisa menjadi salah satu perkembanga nyang menarik untuk diamati untuk pengembangan ekosistem pendidikan digital Indonesia.