Google Akan Rilis Produk Baru Bernama Vids

Vids akan terintegrasi AI dan bisa bantu Anda membuat video

Butuh layanan dengan output video sederhana untuk berkolaborasi dan berbagi video yang terintegrasi Google? Vids bisa jadi pilihan. 

Seperti yang dikutip dari The Verge, Google dikabarkan sedang mempersiapkan layanan atau produk baru yang diberi nama Vids. Mengutip dari sumber yang sama, Vids bertujuan untuk membantu perusahaan dan konsumen dalam membuat video kolaborasi dan shareable dengan lebih mudah. 

Nantinya, pengguna bisa memasukan aset atau bahan dari Google Drive atau sumber lain, menyatukannya dalam bentuk video. Anda bisa menambahkan voiceover atau merekam diri sendiri dan menyatukan dalam satu video final. 

Dari laman resmi disebutkan bahwa layanan untuk membaut video in akan diintegrasikan dengan AI dan akan hadir di Gemini serta Google Workspace. Jadi nantinya Anda bisa menggunakan prompt untuk membuat video.

Video perkenalan singkat juga menyoroti fitur AI karena Google memasukkan Vids ini dalam ‘paket’ layanan Gemini. Idealnya bisa jadi Vids ditujukan untuk mempermudah dalam membuat video promosi sederhana, explanation untuk internal perusahaan atau bisa juga untuk membuat draft video dengan bantuan AI bagi konten kreator sebagai panduan sederhana sebelum membuat konten asli.

Integerasi dengan layanan Google Workspace tentunya bisa jadi keunggulan di layanan ini. 

Membaca informasi ini saya jadi teringat layanan video di Canva, kalau melihat screenshoot yang ada, fiturnya mirip dengan membuat video di Canva. Ada timeline, bisa memasukan suara, bisa merekam dan bisa menambahkan berbagai bahan, untuk akhirnya di jadikan video. 

Vids akan hadir bulan Juni di Workspace Labs, saat ini Google sedang menguji secara terbatas. Dengan Vids layanan lain seperti Docs, Sheets dan Slides akan semakin lengkap. Kita tunggu rilis resmi layanan ini.

?si=QEmKsYepA3iMS3Go