13 June 2023

by Daniel Hamiaz

Honkai: Star Rail Siap Rilis di PS5 Akhir Tahun

Berkat fitur cross-platform, pemain bisa melanjutkan progres akun mereka di PlayStation

Developer Honkai: Star Rail akhirnya mengonfirmasi jadwal perilisan game ini di PlayStation. Pada ajang Summer Game Fest (SGF) beberapa waktu yang lalu, HoYoverse sebagai developer merilis sebuah video khusus yang menampilkan sejumlah informasi dan footage menarik.

Di dalam video tersebut, mereka memamerkan karakter terbaru mereka yakni Silver Wolf yang telah dirilis di dalam game. Selain itu, ada juga sejumlah penampilan dari karakter yang belum dirilis, seperti Yukong dan Luka. Keduanya diperkirakan akan hadir di Honkai: Star Rail dalam waktu dekat.

Dan di akhir video, HoYoverse menyematkan kejutan terakhir, yakni jadwal peluncuran Honkai: Star Rail di PlayStation 5 pada kuartal keempat (Q4) tahun 2023. Meski tidak menampilkan tanggal rilis secara gamblang, namun setidaknya kini komunitas pengguna PS5 sudah mendapatkan kepastian untuk bisa menikmati petualangan sebagai Trailblazer.

Sayangnya, di dalam video tersebut tidak ada pernyataan mengenai perilisan  Honkai: Star Rail di PlayStation 4. Namun menurut pernyataan PlayStation yang lampau sebelum Honkai: Star Rail dirilis, nantinya versi PlayStation 4-nya akan menyusul.

Meski memiliki gameplay single-player, Honkai: Star Rail dikategorikan sebagai game online dan bukan game konsol. Itu artinya, koneksi internet akan  dibutuhkan jika ingin bermain Honkai: Star Rail di PS5. Pemain yang sudah memiliki akun, baik dari PC maupun mobile, bisa melanjutkan progres akun mereka dengan menghubungkannya ke akun PlayStation Network (PSN).

Caranya cukup mudah: Setelah Honkai: Star Rail tersedia di PlayStation, pemain bisa menghubungkan nomor ponsel dengan akun PlayStation Network yang telah memenuhi syarat. Lalu, lakukan log-in melalui perangkat PC atau mobile dengan menggunakan akun HoYoverse yang telah dihubungkan dengan PSN untuk berbagi progres game yang sama.

Meski baru dirilis pada akhir bulan April 2023, Honkai: Star Rail sanggup menarik perhatian para gamer, baik pemain PC maupun mobile. Per Juni 2023, Honkai: Star Rail berhasil menarik pemain rata-rata yang mencapai 23 juta orang dari seluruh dunia. Honkai: Star Rail juga sempat menduduki peringkat pertama sebagai game yang paling banyak diunduh di Play Store dan App Store.

Jika Anda tertarik bermain Honkai: Star Rail, Anda bisa cek tips pemula ala Hybrid di sini.