Game News
for SEO
Game News

Cara Enchant di Minecraft Terbaru dan Terlengkap

6 August 2022Sean Edbert

Tidak hanya menambah stat, Enchantment juga membuat tampilan senjata dan armor Anda jadi 'bling-bling'!

Ingin menambah kekuatan senjata dan armor Anda? Simak panduan lengkap tentang cara enchant di Minecraft terbaru berikut ini.

Sebelum masuk ke tutorial-nya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sebenarnya apa itu “Enchantment”. Bagi yang belum tahu, enchantment memungkinkan Anda untuk menambahkan kekuatan magic ke senjata, armor, peralatan, hingga pancingan.

Kekuatan enchantment yang disediakan oleh Minecraft juga beragam. Beberapa di antaranya ada Fire Aspect, Sharpness, Mending, dan banyak lagi. Namun, Anda tidak akan bisa memilih enchantment apa yang Anda dapatkan. Pasalnya, saat melakukan enchant di Enchanting Table — semua hasil enchantment akan random tergantung dengan level XP Anda.

Lantas, bagaimana cara melakukan enchantment di Minecraft?

Cara Enchant Item di Minecraft

Terdapat dua alat yang bisa Anda gunakan untuk melakukan enchantment di Minecraft, yaitu Enchanting Table dan Anvil. Berikut adalah resep crafting Enchanting Table dan Anvil;

1 Book, 2 Diamond, 4 Obsidian
3 Block of Iron, 4 Iron Ingot

Dengan dua alat di atas, berikut cara untuk menambahkan enchantment ke item-item kesayangan Anda:

1. Menggunakan Enchanting Table

Pertama, tentu saja Anda harus menaruh Enchanting Table supaya dapat digunakan. Lalu, klik kanan Enchantment Table dan akan terbuka interface atau window baru seperti berikut.

Seperti yang kami telah bulatkan di atas, lingkaran “1” adalah slot yang akan diisi oleh item Anda. Sedangkan, slot nomor 2 adalah ‘bahan bakar’ dari meja ajaib ini, yaitu Lapis Lazuli. Setelah kedua slot itu terisi, tiga enchantment random akan muncul di bar sebelah kanan.

Item-item yang bisa di-enchant pada Enchanting Table adalah berbagai Sword, Tools, Bow, Trident, Fishing Rod, Crossbow, dan lainnya. Jika Anda tidak mau langsung menambahkan enchantment ke item di atas, Anda juga bisa meng-enchant Book. Nantinya, Book yang menjadi Enchanted Book itu bisa dikombinasikan dengan item yang Anda inginkan dengan Anvil.

Nah, Anda mungkin akan bingung dengan ukiran-ukiran aneh yang ditampilkan oleh Enchanting Table. Namun, jangan khawatir karena sejak versi 1.8 — MOJANG telah menambahkan fitur yang dapat menampilkan satu enchantment per slot.

Oh iya, Anda juga memerlukan XP untuk memilih salah satu dari tiga enchantment yang muncul. Di bagian kanan tiap slot enchantment, terdapat ‘biaya’ XP yang harus Anda bayarkan demi meraih enchantment tersebut. Biayanya juga bervariasi, berkisar antara 1 hingga 30. Dan tentu saja, semakin tinggi XP cost-nya — semakin tinggi juga kekuatan enchantment yang akan Anda dapatkan.

Namun, Enchanting Table sendiri tidak dapat membawakan enchantment yang XP cost-nya hingga 30. Untuk mencapai angka 30, Enchantment Table memerlukan bantuan 16 blok Bookshelf dan menatanya seperti di atas.

Setelah ditata seperti di atas, Enchantment Table akan ‘menarik’ aksara-aksara dari Bookshelf. Dengan experience cost hingga 30, Anda bisa mendapatkan sejumlah enchantment terbaik seperti Sharpness V, Fire Aspect II, dan banyak lagi.

2. Menggunakan Anvil

Selain Enchanting Table, Anda juga bisa mendapatkan enchantment melalui Anvil. Bedanya, Anda tinggal menaruh item yang Anda ingin enchant di slot kiri. Sedangkan di slot kanan, Anda tinggal menaruh Enchanted Book dengan enchantment yang Anda inginkan.

Tentu saja, Anda juga memerlukan XP untuk membayar penyatuan enchantment dari Enchanted Book ke item Anda. Semakin banyak enchantment di item Anda, semakin mahal juga cost yang dilontarkan oleh sang Anvil.

Terdapat tiga cara untuk mendapatkan Enchanted Book. Pertama, Anda bisa membuat Book menggunakan Crafting Table dan meng-enchant-nya sendiri di Enchantment Table. Kedua, Anda dapat menemukan Enchanted Book secara acak di Chest pada Desert Temple, Mineshaft, Dungeon, Ancient City, dan banyak lagi.

Terakhir, Anda juga bisa mendapatkan Enchantment Book dengan melakukan barter dengan Villager. Sang Villager biasanya akan menerima Emerald sebagai bayarannya.

Tidak hanya dengan Enchanted Book, Anda juga dapat mengombinasikan dua item kembar yang salah satunya sudah memiliki enchantment. Caranya, yaitu taruh target item yang akan di-enchant serta item yang sudah ter-enchant di slot mana saja. Dengan metode ini, Anda dapat memperbaiki item Anda yang hampir rusak sekaligus menyelamatkan enchantment-nya.

Selain menambahkan enchantment ke item, Anvil juga bisa digunakan untuk mengubah nama dan memperbaiki item Anda.

Penutup

Nah, jika Anda membaca ini — pastinya Anda telah menguasai cara enchant di Minecraft terbaru. Meski begitu, saya sangat menyarankan Anda untuk mencoba secara langsung enchant di Minecraft. Pasalnya, semua enchantment yang akan Anda dapatkan akan sangat acak dan tergantung dengan ‘hoki’ Anda.

Di sisi lain, jika Anda bosan bermain Minecraft sendirian — Anda dapat melihat 12 Minecraft Server Terbaik yang kami rangkum beberapa waktu lalu di sini.

Others from #HybridTV

// //