22 April 2023

by Daniel Hamiaz

Build Faruzan Genshin Impact Terbaik: Artifact, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

”Wait, did you forget to call me 'Madame' Faruzan just now, when you asked the question?" – Faruzan

Faruzan masuk ke Genshin Impact sebagai karakter niche support yang mampu meningkatkan damage Anemo. Meski sudah banyak karakter Anemo yang ada di Genshin Impact, namun kebanyakan dari mereka lebih banyak bermain dengan reaksi Swirl, sehingga buff untuk Anemo DMG tidak terlalu dipedulikan.

Kendati demikian, masih ada sejumlah karakter yang bisa memanfaatkan kemampuan Faruzan. Sekuat apakah dirinya? Apakah ia terkunci di tim Anemo saja seperti Gorou? Simak penjelasannya berikut ini:

Build Faruzan Genshin Impact Terbaik

Overview Gameplay Faruzan

Faruzan adalah karakter B4 Anemo dengan senjata bow. Ia dideskripsikan sebagai karakter support yang mampu memperkuat karakter Anemo di dalam tim. Ia dirilis bersamaan dengan Wanderer, sehingga dapat dikatakan bahwa ia melengkapi cara bermain Wanderer.

Buff yang bisa Faruzan berikan adalah buff ATK% dan Anemo DMG Bonus%. Selain itu, ia juga bisa menurunkan Anemo RES kepada musuh yang terkena serangannya. Semua manfaat ini dapat ia akses tanpa konstelasi alias C0.

Jika ditelusuri kembali, sebenarnya debuff Anemo RES cukup jarang ditemukan di karakter Genshin Impact, dan kalau pun ada, kebanyakan dari kemampuan itu terkunci di konstelasi, contohnya seperti C4 Jean atau C2 Venti. Sebenarnya masih ada Zhongli dengan Universal RES Shred-nya. Tapi selain itu, sepertinya Faruzan-lah yang menjadi karakter pertama yang spesifik memiliki Anemo RES Shred pada basic kit-nya.

Belum lagi dikarenakan tidak adanya Artifact dengan kemampuan Anemo RES Shred, kemampuan yang satu ini cukup berharga. Bagi elemen Pyro, Cryo, Electro, dan Hydro, elemen-elemen ini bisa memanfaatkan 4-pc Viridescent Venerer, dan untuk elemen Dendro bisa memanfaatkan 4-pc Deepwood Memories.

Namun, seperti kebanyakan karakter niche support lainnya, Faruzan diberi batasan pada kebutuhan energinya. Selain itu, pemain dipaksa untuk membidik musuh terlebih dahulu untuk menghasilkan partikel energi, yang cukup memakan waktu dan kesabaran (khususnya yang bermain di ponsel).

Elemental Skill

Saat diaktifkan, Faruzan akan menciptakan pusaran angin ketika ia menembakkan Charged Attack selanjutnya ke arah musuh atau ke tanah. Skill ini mampu memberikan efek stagger kepada jenis musuh berukuran kecil dan sedang, dengan sedikit efek crowd-control.

Elemental Burst

Faruzan akan menciptakan sebuah objek yang akan mengitari area tertentu. Objek ini akan melintas di titik-titik tertentu, yang titik lintasannya menyerupai bentuk segitiga. Jadi akan ada tiga titik pemberhentian: objek tersebut akan meledak di satu titik, setelah itu akan berpindah ke titik lain, lalu akan terus mengulanginya hingga durasi Elemental Burst habis.

Musuh yang terkena serangan ini akan mendapatkan pengurangan Anemo RES, dan anggota tim akan mendapatkan buff berupa Anemo DMG Bonus. Melalui talenta pasifnya, Faruzan akan memberikan buff ATK% lagi berdasarkan base ATK-nya.

Prioritas Talenta: Elemental Burst > Elemental Skill (tidak wajib)

Konstelasi

Konstelasi Penting: C2 & C6

Secara sederhana, konstelasi Beidou dapat dijelaskan seperti ini:

C1: Jatah Charged Attack dari Elemental Skill ditambah 1 lagi

C2: Durasi Elemental Burst bertambah 6 detik

C3: Elemental Skill bertambah 3 level

C4: Setiap ledakan Elemental Burst yang mengenai musuh, akan mengisi energi Faruzan

C5: Elemental Burst bertambah 3 level

C6: Karakter yang mendapatkan buff dari Elemental Burst, akan mendapatkan +40% Crit DMG untuk Anemo DMG yang dihasilkan

Selain itu, ketika karakter aktif menyerang musuh yang terkena debuff dari Elemental Burst, akan tercipta serangan tambahan dari Elemental Skill Faruzan (yang juga akan menarik musuh).

Artifact

Sebagai karakter buffer, Faruzan paling cocok menggunakan 4-pc Noblesse Oblige. Artifact ini akan memberikan buff ATK% tambahan untuk anggota 1 tim, di luar buff dari basic kit-nya.

Namun, karena ia juga merupakan karakter Anemo, Faruzan bisa mengakses 4-pc Viridescent Venerer. Ia masih bisa digunakan sebagai karakter crowd-control jika Anda tidak memiliki karakter seperti Kazuha, Sucrose, atau Venti.

Dan jika Anda memiliki Faruzan C6, Anda bisa menggunakan 4-pc Tenacity of the Millelith. Hal ini disebabkan karena serangan tambahan dari Faruzan dihitung sebagai serangan Elemental Skill, sehingga bisa mengakses efek dari Artifact tersebut.

Untuk Artifact alternatif, Anda bisa menggunakan sementara kombinasi antara 2-pc Emblem of Severed Fate dan 2-pc The Exile. Keduanya memberikan ER% tambahan yang sangat dibutuhkan Faruzan.

Rekomendasi ER%:

Jika hanya ada 1 karakter Anemo di tim: 270%-300%

Jika dua Anemo: 250% atau lebih

Catatan: Kebutuhan ER%-nya juga tergantung dengan konstelasi Faruzan, khususnya C4, atau jika karakter lain di satu tim menggunakan senjata seri Favonius.

Main stat yang dicari:

  • Sands: ER%
  • Goblet: Anemo DMG Bonus% / ATK%
  • Circlet: Crit Rate%

Prioritas sub stat DPS: ER% > Crit Rate% > Crit DMG% > ATK%

Senjata

Senjata paling umum yang bisa digunakan oleh Faruzan adalah Favonius Warbow. Senjata ini memberikan substat Energy Recharge yang sangat tinggi, serta dapat menghasilkan partikel energi tambahan untuk Faruzan dan anggota tim lain. Senjata ini akan pemain dapatkan secara gratis,  seusai menjalankan Archon Quest di awal game.

Untuk pilihan senjata lain, Anda bisa menggunakan senjata dengan substat ER%, seperti Elegy for the End, End of the Line, Fading Twilight, atau Sacrificial Bow.

Komposisi Tim

Hingga versi 3.6, terdapat tiga karakter yang biasa digunakan sebagai karakter DPS Anemo, yakni Wanderer, Xiao, dan Heizou. Ketiganya memiliki playstyle masing-masing, dan penggunaan ketiga karakter tersebut bersama Faruzan bisa memengaruhi build Faruzan.

Misalnya saja, ketika dipasangkan dengan Xiao, Faruzan mungkin akan membutuhkan ER% yang lebih banyak, sebab di dalam tim terdapat 2 karakter yang haus akan energi. Apalagi tanpa C2 Faruzan, durasi Elemental Burst-nya tidak bisa menyamai durasi Elemental Burst Xiao.

Untuk Wanderer dan Heizou, keduanya memiliki sinergi yang lebih baik dengan Faruzan dibandingkan Xiao, karena keduanya tidak bergantung pada Elemental Burst. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memasangkan Faruzan dengan Xiao, hanya saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Sebagai karakter Anemo, Faruzan memiliki akses ke 4-pc Viridescent Venerer, sehingga Faruzan masih bisa dimainkan di dalam tim yang butuh karakter Anemo. Meski buff Anemo DMG dan debuff Anemo RES tidak terlalu dibutuhkan di tim tersebut, tetapi Faruzan masih memiliki buff ATK% untuk anggota tim lain.

Tips Faruzan Genshin Impact

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama meracik build terbaik untuk Faruzan:

  1. Karena buff ATK% yang Faruzan berikan berdasarkan base ATK%, maka buff hanya akan dihitung berdasarkan stat dasar senjata dan base ATK senjata. Stat ATK% dari sumber lain, contohnya seperti dari Artifact, tidak akan menambah buff Faruzan kepada karakter lain.

  2. Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, meski Favonius Warbow memiliki base ATK yang kecil untuk ukuran senjata B4, senjata tersebut masih lebih disarankan dibandingkan dengan senjata lain, khususnya senjata dengan base ATK yang lebih tinggi.

Alasannya karena ER% senjata ini sangat tinggi, jadi akan membantu melancarkan penggunaan Elemental Burst. Untuk Faruzan, buff Anemo DMG dan debuff Anemo RES Shred lebih penting dibandingkan dengan buff ATK yang diberikan. Jadi, buff ATK% milik Faruzan lebih dianggap sebagai pelengkap saja, dan bukan menjadi fokus utama di dalam kit-nya.

  1. Secara tidak tertulis, partikel energi yang bisa Faruzan hasilkan dibatasi setiap 5 detik sekali. Itu artinya, meski Faruzan berhasil me-reset cooldown Elemental Skill menggunakan Sacrificial Bow atau mendapatkan 2 kali Charged Attack via C1-nya, ia tidak bisa menghasilkan energi lagi selama 5 detik setelah penghasilan energi pertama.

Penutup

Meski Faruzan tidak sehebat Bennett atau Diona yang memiliki beragam fungsi, Faruzan masih mampu memberikan buff uniknya meski tanpa konstelasi, terlepas dari tidak adanya alasan yang jelas mengapa ia dibatasi dengan mekanik aneh dan limitasi buatan terhadap penghasilan partikel energinya.

Padahal, damage dari tim mono elemen cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tim yang memanfaatkan reaksi, seperti Vaporize, Aggravate, atau Melt. Kendati begitu, Genshin Impact tetap membatasi karakter-karakter niche mereka dengan mekanik yang seharusnya tidak ada dan memang tidak ditemukan di karakter-karakter lama.

Namun selama Anda bisa memenuhi kebutuhan energi-nya, atau bahkan mendapatkan C6-nya, Faruzan mampu meningkatkan damage dari karakter DPS Anemo Anda secara signifikan.