7 July 2023

by Daniel Hamiaz

Hadir dengan Fitur 67W SUPERVOOCTM Flash Charge, OPPO A78 Dirilis Resmi di Indonesia

OPPO A78 menjadi yang pertama kalinya pada lini seri A yang memiliki teknologi pengisian cepat 67W

OPPO akhirnya resmi meluncurkan OPPO A78 dari lini seri A ke Indonesia. Ponsel ini sangatlah cocok untuk mendukung aktivitas dan keseharian penggunanya, mulai dari pekerjaan, komunikasi, hingga untuk hiburan.

Seri A78 ditenagai oleh Snapdragon 680 Mobile Platform yang mampu memberikan performa kencang namun dengan pemakaian daya yang lebih optimal. Smartphone ini memiliki konfigurasi RAM 8GB dan ROM 256GB dengan dukungan penyimpanan tambahan hingga 1TB melalui slot kartu MicroSD. HP ini juga mendukung teknologi RAM Expansion hingga 8GB.

Kemampuan 67W SUPERVOOCTM Flash Charge dengan baterai besar 5000mAh menjadikan OPPO A78 sebagai sebuah perangkat dengan teknologi pengisian daya tercepat di kelasnya. A78 hanya membutuhkan waktu 44 menit saja untuk pengisian daya penuh. Dalam kondisi penuh, ponsel ini mampu bertahan selama 27,4 hari standby (dengan mode airplane) atau 16,37 jam jika dipakai untuk menonton video YouTube.

Kamera A78 menggunakan formasi kamera utama 50MP, kamera portrait 2MP, dan kamera selfie 8MP. Terdapat beragam fitur menarik yang akan membantu pengguna mengambil foto dan video, seperti fitur Dual-View Video yang mampu merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, menggabungkan rekaman pada satu bingkai, dan membuka perspektif baru dalam merekam vlog secara kreatif.

OPPO A78 juga akan menjadi smartphone lini seri A pertama OPPO yang dilengkapi layar FHD+ AMOLED. Layar jenis ini cukup jarang ditemukan untuk smartphone di kisaran harganya. Dengan ukuran 6,4 inci, layarnya juga dilengkapi refresh rate 90Hz, touch sampling rate hingga 180 Hz untuk hasilkan kelancaran respon yang sempurna, dan kecerahan layar hingga 600 nits. Ada juga teknologi In-Display Fingerprint yang menjadi nilai tambah untuk smartphone di kisaran harga ini.

Speaker A78 menggunakan Dual Stereo Speakers dan Real HD Sound 3.0 yang mampu menghasilkan suara surround yang imersif. Dengan Ultra Volume Mode, pengguna dapat meningkatkan volume suara hingga 200%, sehingga membuat pengguna lebih mudah untuk mendengar musik atau dering telepon bahkan di tempat yang paling bising sekalipun

Sistem operasi OPPO A78 sudah menggunakan ColorOS 13.1 yang memiliki fitur-fitur baru. Salah satu yang terbaru adalah Screen Translate yang mampu menerjemahkan konten pada layar hanya dengan satu klik saja.

Ada juga fitur Auto Pixelate yang dapat secara otomatis mengenali dan mengaburkan informasi sensitif pengguna pada tangkapan layar obrolan aplikasi perpesanan, fitur Private Safe yang mampu menyimpan file pribadi yang dienkripsi dan disimpan dalam direktori pribadi, dan fitur 5-Grade Access Control yang memberikan pengguna kendali penuh dalam kapan dan siapa yang dapat melihat data mereka.

Meski memiliki kapasitas baterai 5000mAh yang besar, OPPO A78 mampu mengantarkan desain yang ramping dan ringan, yang setara dengan seri Reno, dengan ketebalan hanya 7,93mm dan berat hanya 180g. Dengan begitu, A78 menjadi smartphone tertipis di kelas baterai berkapasitas 5000mAh.

Untuk pilihan warnanya, OPPO A78 menawarkan dua pilihan warna yang menarik, yaitu Hijau Laut dan Hitam Kabut. Perangkat juga sudah tersertifikasi IP54, yang artinya ponsel ini tahan terhadap cipratan dan tumpahan air.

OPPO A78 akan tersedia secara bertahap mulai 6 Juli 2023 melalui luring di OPPO Store dan seluruh toko rekanan OPPO. Untuk saat ini, OPPO A78 hanya hadir dengan 1 konfigurasi saja, yaitu dengan RAM 8GB dan ROM 256GB, dan dibanderol seharga Rp 3.599.000 di Indonesia. Perangkat OPPO A78 akan mulai tersedia merata di seluruh Indonesia per tanggal 12 Juli 2023