9 August 2023

by Lukman Azis

Sony Hadirkan Earbud TWS WF-1000XM5 For The Music, Bawa Peredam Suara Terbaik dari Sony

Edisi terbaru dari seri 1000X ini menawarkan fitur peredam suara, pengalaman imersif, dan kualitas panggilan terbaik dari Sony

Saat ini, Anda dapat menjumpai banyak sekali truly wireless earbuds (TWS) di pasaran dengan berbagai desain, merek, dan rentang harga. Faktanya dengan budget ratusan ribu pun Anda bisa mendapatkan earbud TWS dengan kualitas lumayan.

Namun lain cerita bagi mereka yang memiliki kepekaan terhadap kualitas audio, mereka membutuhkan perangkat audio yang berkualitas tinggi. Misalnya earbud TWS terbaru Sony WF-1000XM5 yang baru-baru ini dirilis di Indonesia.

WF-1000XM5 merupakan edisi terbaru dari seri 1000X yang telah memenangkan berbagai penghargaan. Ia menawarkan fitur peredam suara, pengalaman imersif, dan kualitas panggilan terbaik dari Sony.

"Peluncuran TWS WF-1000XM5 โ€œFor the Musicโ€ adalah wujud nyata dedikasi Sony untuk terus berinovasi dan merespon minat pengguna. Dimana musik sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan," ujar Yoshiyuki Fujioka, President Director of PT Sony Indonesia.

Sejalan dengan peluncuran earbud WF-1000XM5, Sony telah bermitra dengan penyanyi global, aktor, penulis lagu, dan artis Sony Music Entertainment, Miguel untuk memperkenalkan earbud WF-1000XM5 "For The Music".

Sony telah menetapkan tagline merek "For The Music" untuk produk audionya. Di bawah tagline ini, Sony menegaskan dirinya sebagai merek audio yang menghubungkan para kreator dan pecinta musik, dengan tujuan menciptakan pengalaman musik yang otentik.

Pada acara peluncuran WF-1000XM5 di Indonesia, Sony turut mengundang dua tech reviewer kenamaan di Indonesia: Malvin Nathaniel dari Best Indo Tech dan Fernanda Gunsan. Kedua tech reviewer ini menjadi pembicara tamu pada sesi Talk Show dan menyampaikan testimoni mereka setelah sebelumnya mencoba WF-1000XM5 selama satu minggu penuh.

Fitur Unggulan Sony WF-1000XM5

Sony WF-1000XM5 meningkatkan standar untuk mendengarkan tanpa gangguan dan kejernihan suara. Earbud TWS ini dilengkapi prosesor audio real-time dan mikrofon berkinerja tinggi yang memberi daya pada unit driverDynamic Driver X yang dirancang khusus untuk reproduksi frekuensi yang luas, bass yang dalam, dan vokal yang jernih.

Dengan tiga mikrofon pada setiap earbud, termasuk dual microphone mics yang meningkatkan kinerja peredaman frekuensi rendah. Sementara integrated Processor V2 yang baru dikembangkan oleh Sony membuka potensi HD Noise Cancelling Processor QN2e.

Kemampuan untuk mereproduksi frekuensi yang lebih rendah juga telah ditingkatkan pada WF-1000XM5 berkat Dynamic Driver X yang baru. Ditambah lagi, Noise Isolation Earbud Tips yang menggunakan bahan busa poliuretan unik guna mengurangi kebisingan dalam rentang frekuensi tinggi.

Dengan menggabungkan HD Noise Cancelling Processor QN2e dan Integrated Processor V2 yang baru, WF-1000XM5 menggabungkan pemrosesan audio dengan presisi 24-bit dan amplifikasi analog berkinerja tinggi. Hasilnya adalah minim distorsi dan kejernihan audio.

Didukung High-Resolution Audio Wireless yang didapatkan dari LDAC dan DSEE Extreme untuk meningkatkan kualitas musik digital. Earbud ini juga memiliki fitur 360 Reality Audio, yang menciptakan pengalaman audio imersif yang membawa Anda ke tengah-tengah musik.

Selain itu, WF-1000XM5 dilengkapi dengan teknologi head tracking yang memastikan pengalaman yang realistis dengan menyesuaikan bidang suara untuk mengimbangi gerakan kepala secara otomatis.

Dari segi desain, WF-1000XM5 dirancang dengan mempertimbangkan kenyamanan, ia menampilkan tekstur yang lebih baik dan mengkilap dengan kesan premium. Ukurannya sekitar 25% lebih kecil dan sekitar 20% lebih ringan daripada pendahulunya (WF-1000XM4), sehingga lebih nyaman dipakai untuk waktu yang lama.

Noise Isolation Earbud Tips terbuat dari bahan eksklusif yang tidak hanya meningkatkan kesesuaian, tetapi desainnya juga meningkatkan kenyamanan dengan mengurangi tekanan di telinga. Earbud tersedia dalam empat ukuran yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih ukuran yang pas untuk telinga.

Untuk daya tahan baterainya mencapai 8 jam dan menyimpan 16 jam lagi di charging case. Saat baterai kosong, dengan 3 menit pengisian daya cukup untuk pemakaian hingga 60 menit. Charging case-nya juga mendukung teknologi Qi untuk pengisian daya nirkabel yang praktis.

Sony WF-1000XM5 akan tersedia di Indonesia pada akhir bulan Agustus 2023 dengan harga Rp4.399.000. Saat ini, Anda dapat melakukan pembelian secara pre-order mulai dari tanggal 8 Agustus - 27 Agustus 2023 dengan bonus wireless charger.