20 January 2022

by Adi Nawan

10 Game VR Terbaik yang Bisa Dimainkan di 2022

Beberapa game ini bisa memberikan pengalaman virtual reality yang mengesankan.

Teknologi virtual reality atau VR kini semakin berkembang bersamaan dengan game-game VR yang kini semakin menarik untuk dimainkan.

Meskipun sambutan dari para gamer tidak semegah untuk game-game AAA, namun para pengembang game VR tetap berusaha untuk meningkatkan pengalaman bermain game-nya agar semakin imersif.

Dan berikut saya telah merangkum 10 Game VR terbaik 2022 yang wajib dicoba ketika Anda telah memiliki headset VR:

Beat Saber

Platform: HTC Vive; Oculus Quest; Oculus Rift and Rift S; PlayStation VR (Summer 2020); Valve Index; Windows Mixed Reality

Beat Saber tentunya masih menjadi game terbaik yang dapat dinikmati menggunakan VR. Beat Saber merupakan rhythm game layaknya Guitar Hero atau Dance Dance Revolution yang dikemas dengan visual bak Tron.

Pemain akan menyelesaikan semua lagu-lagu populer di dalamnya sembari memotong balok-balok beat dengan lightsaber. Pilihan lagu dalam game ini cukup banyak dan juga dapat memberikan variasi tantangan untuk menjamin game ini dapat dimainkan berkali-kali tanpa harus merasa bosan.

Half-Life: Alyx

Platform: HTC Vive; Oculus Quest; Oculus Rift and Rift S; Valve Index; Windows Mixed Reality

Meskipun banyak keraguan dari para fans terhadap kembalinya seri Half Life yang langsung masuk ke VR. Namun Valve menjawab semua keraguan tersebut ketika Alyx akhirnya dirilis.

Game ini bisa dibilang salah satu game sekelas AAA yang memamerkan apa yang sebenarnya dapat disajikan oleh sebuah game VR. Mulai dari cerita narasi yang dibangun serius, gameplay menarik, hingga ke berbagai interaksi dalam game-nya yang membuatnya terasa imersif.

SUPERHOT VR

Platform: HTC Vive; Oculus Quest; Oculus Rift and Rift S; PlayStation VR; Valve Index; Windows Mixed Reality

Genre VR sebenarnya lebih didominasi oleh para developer indie yang memang berani berekseperimen. Dan SUPERHOT VR adalah salah satu bukti bahwa game VR indie juga dapat tampil serius dan menggunah layaknya game AAA.

Untuk gameplay-nya, SUPERHOT VR lebih menitikberatkan pada aksi yang dapat dilakukan. Pemain akan berada di dunia yang dapat melambat layaknya film The Matrix. Hal tersebut memungkinkan para pemain untuk melakukan aksi-aksi mengagumkan untuk menghabisi lawan yang ada dalam stage.

VRChat

Platform: HTC Vive; Oculus Quest; Oculus Rift and Rift S; PlayStation VR; Valve Index; Windows Mixed Reality

Bila sekarang banyak perusahaan yang menggembar-gemborkan tentang metaversedan juga interaksi dunia virtual, maka VRChat sebenarnya telah melakukan hal tersebut sejak tahun 2017 silam.

Seperti namanya, VRChat lebih memfokuskan permainannya pada interaksi antar pemain di dunia virtual dengan menggunakan avatar uniknya masing-masing. VRChat bahkan juga menjadi salah satu tempat pelarian selama pandemi ini untuk dapat merasakan berkumpul bersama orang lain dengan interaksi yang lebih nyata daripada sekadar video call.

Resident Evil 7

Platform: PSVR

Diakui atau tidak Resident Evil 7 merupakan salah seri Resident Evil terseram yang pernah dibuat. Self-reboot yang dilakukan Capcom terhadap game action-horor ini sukses membuat standar baru bagi Resident Evil.

Dan bila Anda merasa bahwa Resident Evil 7 biasa sudah sangat seram, maka Anda harus mencobanya menggunakan VR. Suasana rumah keluarga Baker akan berkali-kali lipat lebih menyeramkan, dan Anda dapat merasakan aksi dari Ethan Winters dengan lebih realistis.

Microsoft Flight Simulator

Platform: Valve Index, HTC Vive, Oculus Rift, Windows Mixed Reality

Faktanya, Microsoft Flight Simulator merupakan salah satu game dengan grafis paling realistis yang pernah ada. Mulai dari detail berbagai pesawat yang ada di dalamnya hingga ke dunia 1:1 yang diusung membuat game ini superior dari apapun yang ada sekarang.

Dan memainkan game tersebut lewat VR tentunya akan meningkatkan imersi game-nya semakin maksimal. Sesuai namanya, game ini merupakan salah satu simulator penerbangan yang pernah dibuat. Berita baiknya, para pemain yang masih baru pun masih bisa menikmati game-nya.

Phasmophobia

Platform: Valve Index, HTC Vive, Oculus Rift, Windows Mixed Reality

Salah satu game horor yang cukup menghebohkan pada 2020 silam, Phasmophobia memang menawarkan gameplay horor yang unik dengan menjadi seorang atau sekelompok pemburu hantu bersama pemain lain.

Game ini memang bisa dimainkan hanya dengan mouse dan keyboard. Namun pengalaman terbaiknya ada ketika menggunakan VR. Pemain akan benar-benar merasakan atmosfer dari prose pencarian hantu ini apalagi bila dimainkan bersama-sama.

Lone Echo & Lone Echo 2

Platform: Oculus Rift, Oculus Quest (Air Link)

Lone Echo dan sekuelnya Lone Echo 2 akan mengajak pemain berperan menjadi AI bernama Jack yang harus membantu sang kapten untuk menguak misteri berbahaya di luar angkasa.

Game ini mengusung grafis fotorealistis yang membuat pengalamannya menggunakan VR semakin realistis. Apalagi game ini memberikan kebebasan bagi pemain untuk berinteraksi dengan dunianya untuk bergerak ataupun melakukan berbagai hal dalam game-nya.

Star Wars Squadrons

Platform: Oculus Rift, HTC Vive, Valve Index, PSVR

Bila Microsoft Flight Simulator lebih diperuntukkan bagi yang benar-benar ingin merasakan menjadi pilot di kehidupan nyata, maka game ini akan menjadikan pemain pilot dari pesawat-pesawat di semesta Star Wars.

Pemain akan berpetualang menjadi pilot dalam peperangan yang terjadi pada trilogi original filmnya. Pemain dapat memilih dan bahkan memodifikasi pesawat favoritnya. Ada campaign single-player yang bisa ditamatkan pemain dan juga online multiplayer melawan pemain lain.

Tetris Effect: Connected

Platform: Oculus Quest, Oculus Rift, HTC Vive, Valve Index, PSVR

Bagi yang menginginkan game VR tidak biasa namun terasa familiar dapat mencoba Tetris Effect: Connected. Secara permainan pemain akan tetap memainkan gameplay Tetris klasik yang sudah ada sejak dulu.

Namun perbedaannya adalah game ini memberikan pengalaman yang berbeda ketika dimainkan dengan VR. Ada tiga mode yang dapat dimainkan: Journey (Tetris standar dengan latar yang berubah seiring game), Effects (Tetris dengan beberapa tantangan), dan Mixed Efects (Sama seperti Effects namun variabelnya akan terus berubah seiring game).