27 February 2023

by Yubian Asfar

Centang Biru Instagram-Facebook Jadi Fitur Berbayar, Ini Detail Harganya

Fitur yang dilakukan Meta sejalan dengan yang diterapkan Elon Musk untuk Twitter

Ramainya perkembangan media sosial membuat beberapa perusahaan seperti Meta melakukan banyak perombakan, salah satunya fitur centang biru alias verified account. Sebenarnya centang biru merupakan hal yang sudah lama ada di media sosial Instagram dan Facebook, namun Meta baru saja mengambil langkah yang cukup mengejutkan.

Pasalnya, perusahaan induk Facebook dan Instagram tersebut sedang gencar melakukan uji coba layanan fitur centang biru berbayar. Layanan ini memang sangat mirip dengan Twitter Blue, fitur centang biru berbayar yang dirilis belum lama ini.

Meski baru masuk tahap uji coba, namun Mark Zuckerberg sudah memberikan patokan harga per bulan untuk layanan ini, yaitu US$11,99 atau setara Rp182.000 via website dan US$14,99 atau setara Rp227.000 via smartphone (dengan asumsi kurs Rp15.200).

Informasi ini disampaikan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg. Ia mengatakan, fitur dengan nama Meta Verified ini akan memberi pengguna lencana terverifikasi alias centang biru, peningkatan visibilitas pada platform, dan juga  dukungan yang diprioritaskan oleh para pelanggan atau customer.

Sumber: Instagram

"Minggu ini kami mulai meluncurkan Meta Verified, layanan berlangganan yang memungkinkan Anda memverifikasi akun Anda dengan ID pemerintah, mendapatkan lencana biru, mendapatkan perlindungan peniruan ekstra terhadap akun yang mengaku sebagai Anda, dan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan," tulis Zuckerberg, lewat akun Instagram-nya.

Di sisi lain, fitur ini baru akan diuji di beberapa negara saja. Pekan ini, negara Australia dan Selandia Baru akan dipilih sebagai negara uji coba untuk Meta Verified.

"Fitur baru ini adalah tentang meningkatkan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami," tambah Mark Zuckerberg.

Meskipun demikian, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan bila berminat mendaftarkan diri dalam Meta Verified. Pertama, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan mengirimkan KTP/identitas pribadi yang sesuai dengan nama dan foto yang digunakan di Facebook atau Instagram.

Sumber: Insider

Lalu pengguna yang mendaftar ke layanan ini akan mendapatkan stiker eksklusif untuk Stories dan Reels. Tidak hanya itu, Anda juga akan menerima 100 bintang gratis per bulan atau mata uang digital yang dapat digunakan untuk memberi tip kepada para pembuat konten di Facebook, contohnya livestreamer game.

Memang layanan ini sangat mirip dengan Twitter Blue versi Elon Musk yang dibanderol seharga Rp120.000 per bulannya. Centang biru Twitter ini juga memberi beberapa manfaat, sebut saja bisa kemampuan mengunggah video berdurasi lebih panjang.