16 August 2022

by Galih

Apple Kemungkinan akan Implementasi Lebih Banyak Iklan pada iPhone

Iklan tersebut kemungkinan akan muncul di Maps, Books, dan Podcasts.

Apple kemungkinan akan memasukkan iklan ke dalam iPhone. Kok bisa? Kenapa ponsel kelas premium harus ada iklannya?

Salah satu hal menyebalkan yang ada pada smartphone-smartphone modern saat ini adalah implementasi iklan dalam aplikasi. Sistem yang banyak diimplementasikan pada smartphone kelas bawah ini seiring waktu memang bisa dimaklumi.

Namun bila iklan tersebut muncul di smartphone premium yang punya harga puluhan juta Rupiah? Tentu hal tersebut menjadi sesuatu yang dapat membuat jengkel. Tapi itulah yang terjadi pada smartphone milik Apple, iPhone yang kini mulai mengimplementasikan iklan ke beberapa aplikasinya.

Tidak berhenti di situ, dalam laporan terbaru Bloomberg Apple disebut tengah berencana untuk mengimplementasikan iklan ke banyak aplikasi bawaan mereka. Awalnya, sistem iklan ini sudah muncul di App Store, namun ke depannya kemungkinan juga akan muncul di Maps, Books, hingga Podcasts.

 

Image Credit: Apple

Implementasi sistem iklannya sendiri memang tidak seagresif smartphone lainnya. Karena iklan yang dimaksud nantinya lebih kepada tampilan kolom rekomendasi ketika para pengguna melakukan pencarian pada aplikasi-aplikasi yang disebutkan.

Sebagai contoh, di App Store para developer dan publisher dapat membayar Apple untuk mempromosikan aplikasi mereka di dalam laman hasil pencarian dari kata kunci tertentu. Semisal "game moba" atau "battle royale".

Sistem semacam itu tentu dapat dibayangkan untuk diimplementasikan ke dalam aplikasi lainnya. Semisal pada maps untuk rekomendasi tempat makan, atau buku dengan kata kunci tertentu. Sehingga para pemasang iklan ini nantinya akan muncul di daftar teratas pencarian.

Image Credit: Apple

Hal ini merupakan kelanjutan dari sistem fitur baru yang bernama App Tracking Transparency atau ATT. Sesuai namanya, fitur ini akan memberikan kuasa kepada para pengguna produk Apple apakah mereka mengizinkan aplikasi tersebut untuk membaca aktivitas mereka di dalam aplikasi tersebut.

Iklan-iklan yang sudah terpasang di aplikasi bawaan Apple seperti App Store juga dikabarkan akan dikembangkan lebih jauh. Bila sebelumnya iklan tersebut hanya muncul pada kolom pencarian, maka nantinya iklan aplikasi tersebut juga akan muncul ke dalam laman "Today" dan juga lama "App Download".

Terakhir, perangkat Apple lainnya yang kemungkinan akan kedatangan iklan adalah Apple TV Plus. Hampir sama dengan Netflix dan juga Disney Plus, Apple TV Plus kemungkinan juga akan membuat paket langganan baru dengan harga yang lebih murah, namun dengan kehadiran iklan di dalamnya.