20 July 2023

by Daniel Hamiaz

Overwatch 2 Akan Masuk Steam Agustus Mendatang

Dimulai dari Overwatch 2, Blizzard berencana untuk memasukkan game lain mereka di masa yang akan datang

Menjelang akuisisi oleh Microsoft yang semakin dekat, Blizzard membuat sebuah langkah yang mengejutkan. Mereka baru saja mengumumkan bahwa salah satu game andalan mereka, Overwatch 2, akan segera hadir di platform Steam. Peluncuran Overwatch 2 di platform besutan Valve ini akan dimulai pada tanggal 11 Agustus 2023, seperti tertera di laman Steam resminya.

Untuk bisa bermain Overwatch 2 di Steam, pemain perlu menghubungkan akun Steam mereka dengan akun Battle.net guna mengaktifkan fitur cross-platform-nya. Setelah terhubung, pemain yang bermain di Steam dapat mengakses sejumlah fitur Steam, seperti Achievements, Friends List, dan fungsi undangan untuk pemain lain secara in-game.

"Tujuan kami di Blizzard adalah mendengarkan para pemain dan mencoba melampaui ekspektasi mereka. Meski Battle.net tetap menjadi prioritas bagi kami untuk sekarang dan di masa yang akan datang, kami mendengarkan para pemain yang ingin beberapa game kami masuk ke Steam, dimulai dengan Overwatch 2 pada tanggal 11 Agustus," ucap Mike Ybarra, presiden Blizzard Entertainment.

Seperti yang disebutkan oleh Mike, Blizzard masih mempertimbangkan game mana saja yang berpotensi untuk masuk ke Steam. Jika Overwatch 2 di Steam dianggap berhasil, tidak menutup kemungkinan bahwa Blizzard akan memasukkan judul besar mereka yang lain, seperti seri Diablo atau bahkan World of Warcraft.

Alasan Blizzard memilih Overwatch 2 sebagai game pertama mereka yang hadir di Steam adalah karena status free-to-play dan team-based-nya yang dianggap paling sesuai untuk saat ini.

Hadirnya Overwatch 2 di Steam berpotensi meningkatkan pemain baru secara signifikan. Pasalnya, selain karena game hero shooter ini sudah digratiskan, Overwatch 2 juga akan segera menerima patch besar yang tertuang dalam Overwatch 2: Invasion. Dalam update tersebut, Blizzard akan memperkenalkan sejumlah PvE Story Mission, mode baru, hingga hero baru.

"Gamer dan developer akan mendapatkan keuntungan dari masuknya Overwatch 2 ke dalam Steam," ucap Gabe Newell, presiden Valve. "Para pemain akan memiliki platform lain yang bisa mereka nikmati dengan memanfaatkan kapabilitas Steam, dan pengembang akan diuntungkan dengan hadirnya tim unggul dari Blizzard yang akan membantu kami untuk mengembangkan fitur-fitur dan fungsionalitas untuk Overwatch 2."