8 September 2023

by Dimas Galih W.

Review Logitech G502 X Plus: Mouse Gaming Cantik dan Nyaman untuk Bermain

Logitech memiliki sebuah mouse yang berdesain indah, fitur yang lengkap serta nyaman untuk dipakai saat bermain game.

Logitech merupakan salah satu produsen mouse terbaik di dunia. Dan salah satu lini mouse gaming terbaik dari mereka adalah lini G502. Tahun lalu, Logitech sempat mengeluarkan seri G502 X dan tahun ini sang penerusnya sudah ada di Indonesia. Mouse tersebut adalah Logitech G502 X Plus.

Dibandingkan dengan para pendahulunya, G502 X Plus membawa beberapa update. Hal tersebut seperti peningkatan konektivitas nirkabel sebesar 68%, peningkatan kecepatan dengan hybrid optic, serta daya hidup baterai yang lebih lama. Dengan peningkatan tersebut, tentu saja membuat harganya menjadi lebih naik dibandingkan perangkat sebelumnya.

Mouse ini sendiri baru sekitar 3 hari datang ke meja pengujian Hybrid dan langsung digunakan untuk bekerja serta bermain. Adapun spesifikasi yang diberikan pada Logitech G502 X Plus adalah sebagai berikut

SpesifikasiLogitech G502 X Plus
SensorLogitech Hero 25K
Resolusi800 - 25600 dpi
InterfaceUSB (nirkabel), USB-C (dengan kabel)
Tombol13
Dimensi131.32 x 79.25 x 41.15 mm
Bobot106 gram

Unboxing

Inilah yang ada di dalam paket penjualan dari Logitech G502 X Plus. Terdapat sebuah kabel USB-A to USB-C, female converter USB-A to USB-C, serta dongle RF.

Desain

Terus terang, ini adalah pertama kali saya menggunakan mouse berwarna putih. Desain dari mouse gaming yang satu ini memang terlihat bagus, di mana terdapat garis lampu LED yang bisa diubah warnanya. Mouse ini sendiri sepertinya hanya cocok untuk mereka yang menggunakan tangan kanan, terlihat dari cekungan dan letak tombol yang ada.

Ada sekitar 12 tombol pada mouse yang satu ini serta fungsi naik turun pada wheel-nya. Tombol-tombol tersebut nantinya bisa ditukar atau dimatikan dengan sofware Logitech G-Hub. Semua tombol ini sendiri memang nyaman saat ditekan, apalagi saat bermain game. Salah satu yang unik adalah tombol untuk mengubah rasa scroll wheel dari bergerigi menjadi lembut.

Menggunakan mouse ini memang bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan dan tanpa kabel. Saat menggunakannya dengan kabel, mouse yang satu ini memiliki interface USB-C di bagian depannya. Saat memakai mode nirkabel, pengguna diminta untuk menancapkan dongle USB pada port USB-A. Menggunakan kabel pada mouse ini juga menandakan bahwa baterai yang ada akan diisi ulang.

Pada bagian bawahnya akan ditemukan tombol power serta sensor geraknya. Selain itu pada bagian bawahnya terdapat bundaran yang menempel karena magnet. Saat bundaran itu dibuka, terdapat tempat untuk menaruh dongle USB.

Logitech G502 X Plus sendiri memiliki dimensi 131.32 x 79.25 x 41.15 mm. Bobotnya sendiri adalah 106 gram yang tidak bisa dibilang berat, namun juga tidak ringan. Sayangnya pada mouse ini tidak bisa ditambah bobotnya sehingga kurang cocok untuk mereka yang suka akan mouse yang lebih berat.

Pengalaman Menggunakan

Untuk mencoba mouse ini, saya menggunakan game Valorant. Terus terang saja, saya memang harus mengatur ulang sensitivitas yang ada pada game tersebut. Namun tentu saja hal tersebut tidak berlangsung lama.

Pertama saya mencoba menggunakan kabel USB-C bawaannya. Hal pertama yang saya tidak suka adalah kabelnya yang masih terasa kaku dan mudah menyenggol benda yang berada di sekitarnya. Tentu saja kadang dalam menggerakkan mouse untuk mengejar sasaran membutuhkan ruang tanpa halangan.

Saat mencoba memakai dongle, di situ lah saya merasakan kenikmatan dalam bermain. Mouse ini juga memiliki latensi yang cukup rendah sehingga menembak musuh terasa sama dengan menggunakan kabelnya. Pergerakan pun juga sangat leluasa karena tidak akan terganggu dengan benda yang tidak dekat dengan mouse ini.

Saat merasa DPI-nya terlalu tinggi atau rendah, saya tinggal menggeser telunjuk untuk menekan tombol di sebelah kiri. Dan jika ingin menurunkan DPI ke yang paling rendah, tinggal menekan tombol yang berada di atas dudukan jempol. Sayang memang, karena belum terbiasa, saya sering kali menekan tombol DPI Up sehingga meningkatkan sensitivitas mouse ini. Jadi memang memerlukan kebiasaan untuk mereka yang memiliki jari besar.

Untuk software-nya sendiri memang cukup mudah untuk digunakan. Kita tinggal menggeser titik yang ada pada gambar mouse dan menggantinya atau mematikannya. Kita juga bisa mengganti warna LED-nya pada software ini sesuai dengan keinginan kita.  Hal tersebut tentunya sudah cukup untuk penggunaan mouse ini.

Verdict

Mencari mouse gaming memang cukup menentukan apakah kita bisa menang dalam sebuah permainan atau tidak. Selain itu, kenyamanan dari sebuah mouse juga menjadi poin penting dalam penggunaannya. Logitech kini memiliki mouse gaming yang dirasa cukup nyaman untuk dipakai dengan G502 X Plus.

Mouse ini memang nyaman pada saat saya gunakan. Bobotnya sendiri pas untuk bermain sebuah game seperti Valorant. Walaupun saya tidak membutuhkan adanya lampu LED yang tidak akan saya lihat selama penggunaan, namun justru warna warni tersebut membuatnya menjadi cantik. Tombolnya yang banyak sendiri membuatnya memiliki fungsi yang lebih dibandingkan mouse lainnya.

Harga dari mouse ini untuk pasar Indonesia adalah Rp. 2.139.000. Tentu saja, harga tersebut memang tergolong premium untuk sebuah mouse gaming. Namun, Anda akan mendapatkan sebuah mouse gaming nyaman yang memiliki fungsi lengkap dengan desain cantik.

Sparks

  • Memiliki 13 tombol dan dapat diprogram ulang
  • Memiliki 2 mode penggunaan, kabel dan nirkabel
  • Latensi kliknya rendah
  • Memiliki 2 mode scroll
  • Software G-Hub yang cukup mudah digunakan
  • Lampu LED membuat mouse menjadi lebih indah

Slacks

  • Harganya yang cukup tinggi
  • Kurang cocok untuk yang berjari besar karena rentan salah klik
  • Bobot tidak bisa ditambah atau dikurangi