2 August 2023

by Daniel Hamiaz

TECNO POVA 5 Series 5G Edisi Free Fire Kini Hadir di Indonesia

Tahap pre-order dimulai dari 1 Agustus 2023 dan terdapat periode promo hingga 20 Agustus yang memberikan diskon untuk setiap pembelian produk

TECNO secara resmi meluncurkan smartphone gaming edisi khusus, yaitu POVA 5 Series 5G Free Fire Edition. Seperti namanya, TECNO berkolaborasi dengan game Free Fire untuk menghadirkan sebuah smartphone yang menyatukan performa terbaik dengan karakter yang disukai dari game tersebut.

Ada tiga varian dari POVA 5 Series Free Fire Edition, yaitu POVA 5 Pro 5G, POVA 5 dan POVA NEO 3. Meski memiliki perbedaan fitur dan harga, namun kesamaan dari tiga varian ini terdapat pada chipset barunya dengan kekuatan sinyal 5G, kapasitas baterai hingga 7.000 mAh, serta layar dengan 120Hz refresh rate.

TECNO POVA 5 Pro 5G

POVA 5 Pro 5G merupakan produk dengan varian tertinggi di seri POVA. Varian ini mendapat peningkatan paling signifikan dibanding POVA 4 Pro sebelumnya.

Ditenagai chipset Mediatek Dimensity 6080, ponsel ini menawarkan performa kencang untuk mendukung kegiatan bermain game. Perangkat ini juga sudah mendukung sinyal 5G dan dilengkapi dengan baterai 5.000mAh, ultra charge 68W, sehingga mampu mengisi daya dari 0 hingga 100% hanya dalam 45 menit.

Smartphone ini juga memiliki desain futuristik efek 3D mecha turbo pertama di dunia yang terinspirasi oleh armor robot mecha yang tangguh dan kuat. Terdapat juga panel LED interaktif pada bagian bodi belakang yang memperkuat aksen futuristik yang kental pada ponsel ini. Lampu tersebut bisa menjadi indikator berbagai aktivitas, seperti menyalakan perangkat, panggilan masuk, baterai lemah, aksi dalam game, dan lainnya.

TECNO POVA 5 & TECNO POVA NEO 3

Selain Mediatek Dimensity 6080 pada POVA 5 Pro 5G, varian lainnya juga telah menggunakan chipset yang mumpuni untuk bermain game. POVA 5 ditenagai dengan Mediatek Helio G99, sedangkan POVA NEO 3 menggunakan chipset Mediatek Helio G85.

Untuk menyamai performa chipset-nya, POVA 5 Series menggunakan layar FHD+ 6,78” dengan resolusi 1080 x 2460 untuk bidang pandang yang lebih luas dan visual yang mengesankan. Layarnya memiliki refresh rate 120Hz yang mampu menghasilkan gerakan yang sangat halus, sehingga akan sangat menunjang permainan. Untuk RAM-nya, terdapat varian up-to 16GB dan penyimpanan up-to 256GB.

Dari segi baterai, varian POVA 5 Series tersedia dengan kapasitas baterai mencapai 7.000 mAh untuk POVA NEO 3 dan 6.000 mAh untuk POVA 5. Jika dibandingkan dengan smartphone di kelasnya, kapasitas baterai dari kedua varian tersebut cukup besar, dan bahkan TECNO menyebut bahwa keduanya bisa digunakan sebagai power bank dengan fitur reverse charge hingga 10W.

Untuk meningkatkan kenyamanan bermain Free Fire dan game lainnya, POVA 5 Series dilengkapi dengan dual speaker, serta sertifikasi audio DTS dan Hi-Res.

Fitur Pendukung

Ada juga fitur pendukung lain seperti Z-axis linear motor dan gyroscope untuk menciptakan getaran realistis, pendingin vapor chamber yang menggunakan teknologi multi layer temperature control, hingga sistem Panther Engine 3.0 menghadirkan kontrol suhu cerdas sekali klik untuk meningkatkan kelancaran bermain game dan mengurangi konsumsi daya game hingga 10%.

Demi menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone bertema Free Fire, POVA 5 Series Free Fire Edition membubuhkan beberapa kustomisasi menawan, mulai dari desain kemasan, software seperti ikon pada aplikasi, hingga nada dering / notifikasi yang dapat disesuaikan.

Berdasarkan survei dan penelitian, TECNO memilih karakter Free Fire yang paling populer,  yakni Hayato Yagami, untuk ditampilkan sebagai bagian dari POVA 5 Series. Karakter tersebut akan muncul pada POVA 5 Pro 5G, Kelly pada POVA 5, dan Moco pada POVA NEO 3.

Selain adaptor, kabel charge dan kartu garansi, pada paket pembelian, konsumen juga akan mendapatkan stiker eksklusif bertema khusus karakter masing-masing varian, serta kartu reward Free Fire yang bisa diklaim secara langsung

Meski difokuskan untuk gaming, namun TECNO POVA 5 Series Free Fire Edition tetap menghadirkan kamera unggulan, dengan kamera AI 50MP yang mampu menangkap foto secara detail. Perangkat ini juga memungkinkan video tampilan ganda, yang bisa merekam kamera belakang dan depan secara bersamaan.  Tersedia juga fitur Portrait Beauty dan mode HDR untuk memastikan kualitas tangkapan foto yang indah.

“Dibanding seri POVA pendahulunya yang sangat diminati tahun 2022 lalu, POVA 5 Series hadir dengan spesifikasi dan harga lebih baik lagi daripada tahun ini, yang siap menjadi gear atau daily use pilihan pencinta game di Indonesia,” ucap Anthoni Roderick, PR Manager TECNO Indonesia.

Ketersediaan

Ketiga varian dari POVA 5 Series Free Fire Edition dapat dibeli mulai 1 Agustus 2023 dan dijual secara eksklusif di platform e-commerce TECNO Official Store di Shopee, Lazada, Akulaku, Tokopedia dan TikTok shop. TECNO juga membuka periode promo (1–20 Agustus 2023) yang akan memberikan harga spesial. Berikut rinciannya:

• POVA 5 Pro 5G - Rp2.999.000 (promo diskon menjadi Rp2.949.000) • POVA 5 - Rp2.299.000 (promo diskon menjadi Rp2.199.000) • POVA NEO 3 - Rp1.999.000 (promo diskon menjadi Rp1.899.000)

Untuk setiap pembelian POVA 5 Pro 5G dan POVA 5, pelanggan juga akan mendapatkan bonus gaming fan cooler atau TECNO 3-in-1 multi charging cable secara gratis selama persediaan masih ada.