6 August 2023

by Daniel Hamiaz

Banjir Pemain dan Penonton, Baldur's Gate 3 Buktikan CRPG Masih Diminati

Laju pertumbuhan game ini menjadi salah satu yang tercepat di tahun 2023 bersama dengan Hogwart's Legacy dan Sons of the Forest

Baldur's Gate 3 merupakan game terbaru untuk seri Baldur's Gate dari Larian Studios. Game ini baru saja dirilis pada tanggal 3 Agustus 2023 dan secara mengejutkan mematahkan banyak ekspektasi.

Berselang sehari setelah dirilis, Baldur's Gate 3 berhasil mengumpulkan lebih dari 500 ribu pemain. Bahkan saat berita ini ditayangkan, terpantau di SteamDB bahwa angkanya sudah menembus lebih dari 700 ribu pemain yang bermain secara bersamaan (concurrent player).

Baldur's Gate 3 bahkan sudah masuk 10 besar game Steam dengan concurrent player terbanyak, menggeser posisi yang sebelumnya diduduki oleh Apex Legends.

Dengan jumlah pemain sebanyak itu, Baldur's Gate 3 menjadi salah satu game tersukses sepanjang sejarah Steam. Bahkan untuk tahun ini, game ini menduduki posisi kedua setelah Hogwarts Legacy, yang sebelumnya berhasil mengumpulkan 879.308 pemain pada titik puncaknya.

Rekor tersebut menjadi lebih mengesankan mengingat Baldur's Gate 3 bukanlah game yang mengangkat genre populer seperti yang menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan ini. Game ini sama sekali tidak masuk kategori action RPG, first-person shooter, maupun action-adventure open world.

Banyak faktor yang menjadi kunci kesuksesan Baldur's Gate 3. Salah satunya adalah gameplay yang kompleks dan menantang. Dari segi ceritanya pun game ini memiliki sistem dinamis, yang mampu mengubah narasi berdasarkan setiap keputusan yang pemain ambil.

Ada juga karena hausnya komunitas akan RPG bertemakan Dungeons & Dragons yang sudah jarang ditemui saat ini. Baldur's Gate 3 bahkan menjadi seri terbaru yang berselang lebih dari 20 tahun sejak pendahulunya. Kualitas grafis dan gameplay-nya pun juga sudah tidak perlu diragukan lagi, mengingat Larian Studios juga mengembangkan Divinity: Original Sin II (2017) yang memiliki genre yang sama.

Faktor lainnya juga terdapat pada strategi Larian Studios yang memajukan tanggal rilis Baldur's Gate 3, dari yang semula direncanakan pada 31 Agustus menjadi 3 Agustus 2023. Alasan yang pengembang berikan adalah selain karena game-nya sudah sangat siap untuk dimainkan, mereka juga tidak ingin hype-nya terkubur oleh game lain.

Sebagai informasi, jika Baldur's Gate 3 tetap mengikuti jadwal perilisan di akhir Agustus, maka game tersebut akan head-to-head dengan sejumlah judul besar lain seperti Armored Core 6 dan Starfield.

Selain itu, andil streaming platform juga cukup krusial dalam menjangkau para pemainnya. Dilihat dari Streams Chartspeak viewer Baldur's Gate 3 di Twitch mencapai 481.523 penonton sehari sejak pertama kali dirilis.

Jumlah pemain Baldur's Gate 3 diprediksi masih akan terus naik, karena Baldur's Gate 3 masih akan dirilis di platform lain. Untuk PlayStation 5 dan Mac, game ini akan meluncur pada 6 September 2023. Sedangkan untuk Xbox Series X|S, tanggal rilisnya masih belum diumumkan. Anda bisa cek laman Steam Baldur's Gate 3 di sini.