Baldur's Gate 3 Majukan Tanggal Rilis ke Awal Agustus

Keputusan ini diambil agar Baldur's Gate 3 bisa menghindari jadwal rilis game lain yang berdekatan seperti Starfield

Bagi Anda yang menantikan seri terbaru dari seri RPG klasik Baldur's Gate, ada kabar menggembirakan yang baru saja dibagikan Larian Studios sebagai developer. Mereka baru saja mengumumkan bahwa tanggal rilis Baldur's Gate 3 akan dimajukan, dari yang awalnya direncanakan rilis pada 31 Agustus menjadi tanggal 3 Agustus 2023.

Meski jarak tanggal rilis yang baru hanya berjarak kurang dari satu bulan, namun kabar pemajuan tanggal rilis cukup jarang ditemukan dan kabar ini diapresiasi oleh para penggemar Baldur's Gate.

Alasan Larian Studios dalam memutuskan hal ini juga cukup sederhana. Mereka merasa bahwa Baldur's Gate 3 sudah sangat siap untuk dimainkan oleh pemain. Alasan lainnya adalah mereka ingin menghindari periode perilisan game-game baru yang berdekatan dengan tanggal rilis yang sebelumnya. Game-game yang akan dirilis sekitar akhir Agustus hingga awal September meliputi Armored Core 6, Immortals of Aveum, dan yang paling banyak ditunggu-tunggu, Starfield.

Meski begitu, penetapan tanggal rilis baru Baldur's Gate ini hanya diberlakukan untuk versi PC-nya saja, sedangkan untuk versi PS5-nya malah diundur ke tanggal 6 September, yang bertepatan dengan tanggal rilis Starfield.

"Menahan versi PC (Baldur's Gate 3) di saat kami tahu bahwa kami sudah benar-benar siap, rasanya akan menjadi langkah yang keliru jika akan diluncurkan dalam periode waktu yang ketat. Sedangkan untuk menyamai ambisi kami untuk desainnya di PS5 dengan tingkat kesulitan teknisnya, kami rasa penundaan merupakan langkah yang tepat," ujar Michael Douse, Publishing Director di Larian.

Baldur's Gate 3 menjanjikan sebuah RPG dengan dunia & cerita yang kaya dan variatif. Nantinya pemain bisa memainkan tujuh karakter protagonis dengan cerita dan objektif mereka masing-masing. Pemain juga dibebaskan berkreasi membuat karakter mereka dengan 11 ras dan 31 subras yang dapat dipilih.

Gameplay-nya sendiri pun tak kalah kompleks. Dengan 21 class, 46 subclass, dan lebih dari 600 jurus, pemain bisa mengatur dan menentukan cara bermain yang diinginkan secara bebas. Developer mengeklaim bahwa ukuran Baldur's Gate 3 kurang lebih empat kali lebih besar dibandingkan dari seri game mereka yang lain, Divinity: Original Sin II.

Larian Studios nantinya sudah menyiapkan sebuah siaran spesial yang dinamakan "Panel from Hell". Livestream tersebut akan memamerkan detail lebih lanjut mengenai dunia dari Baldur's Gate 3 yang akan dirilis dalam waktu dekat.