19 August 2023

by Daniel Hamiaz

Rayakan 10 Tahun, Dota 2 Rilis Seri Kosmetik Ikonik Sepanjang Sejarah

Terdapat 13 set dan kosmetik yang bisa pemain dapatkan secara gratis hanya dengan memainkan game selama periode event berlangsung

Setelah dinantikan sekian lama, Dota 2 akhirnya merilis update untuk merayakan tahun ke-10 mereka. Untuk mengenang perjalanan panjang Dota 2 selama satu dekade, Valve merilis satu seri kosmetik unik yang bertemakan "10th Anniversary".

Tak hanya skin Hero, ada juga beberapa jenis kosmetik lain seperti kurir, skin Roshan, hingga Voice Lines dari Gabe Newell (Gaben). Total kosmetiknya berjumlah 13 buah dan semuanya bisa didapatkan secara gratis. Pemain hanya perlu memenangkan game untuk memperoleh satu kesempatan mendapatkan item secara acak.

Berikut kosmetik beserta sejarah dari masing-masing item-nya:

2011 - Dolfrat and Roshinante Courier

Kurir ini merupakan salah satu kurir pertama yang ada di Dota 2. Kurir ini juga dikenal dengan nama lain "Shitty Wizard Courier". Meski memiliki nama yang kurang enak dibaca, namun Valve beberapa kali masih menampilkan penyihir ini di beberapa antarmuka, khususnya tampilan antarmuka di bagian tutorial Dota 2.

2012 - The Alpine Stalker's Set

Skin Ursa koboi ini merupakan salah satu set terlangka. Awalnya, banyak yang tidak suka karena set ini memadukan tema koboi dan beruang dan dianggap kurang cocok. Karena kesan negatif ini, Valve malah menarik set ini sehingga pemain tidak bisa mendapatkannya lagi.

Karena jumlahnya yang sangat terbatas, set ini menjadi salah satu set yang paling mahal. Satu dekade kemudian, Valve malah merilis kembali set ini dengan sedikit recoloring dan bisa didapatkan secara cuma-cuma.

2013 - Relic Sword

Pedang ini merupakan referensi dari perubahan nama Wraith King, dari yang sebelumnya bernama Skeleton King. Perubahan ini disebabkan karena gugatan Blizzard saat itu terhadap Valve, karena dianggap mengambil salah satu nama dari game World of Warcraft.

Untuk itu, Valve memutuskan untuk mengalah dan mengubah penampilan serta nama Wraith King seperti yang dikenal pemain sekarang. Pedang ini juga mengambil referensi dari salah satu item Dota 2, Sacred Relic.

2014 - Filmtail

The International pertama menjadi event yang penting bagi Dota 2, atau bahkan bagi industri esport, karena berhasil menyajikan sebuah ajang kompetisi dengan prize pool yang sangat tinggi di masanya.

&t=1s

Untuk mengenang pencapaian tersebut, Valve merilis film dokumenter pertama mereka berjudul "Free to Play" pada 19 Maret 2014. Film ini menceritakan perjalanan dari tiga pemain pro Dota 2 yang mengikuti kompetisi The International.

2015 - Bindings of Deep Magma

Sebagai kompetisi puncak the International, banyak momen-momen teamfight di sepanjang kompetisi. Salah satunya adalah momen wombo-combo dari Evil Geniuses. Saat itu, Earthshaker yang dipakai oleh Universe berhasil membantai pemain-pemain CDEC yang sedang berada di Roshan Pit.

Setelah itu, EG berhasil menutup pertandingan dan keluar sebagai juara. Momen ini juga disebut dengan "6-million Dollar Echo Slam".

2016 - Staff of Gun-Yu

Meski sudah berjalan betahun-tahun, Valve selalu bisa menyediakan sebuah game MOBA yang selalu segar berkat update dan balancing-nya. Salah satu yang terbesar adalah update 7.00 yang memberikan perubahan drastis di dalam gameplay dan map.

Di update yang sama, diperkenalkan juga Hero Original pertama Dota 2 yaitu Monkey King, yang sebelumnya tidak ada di DotA lawas. Untuk itu, skin Monkey King ini mengarah ke salah satu momen terbesar untuk Dota 2 ini.

2017 - Heaven-Piercing Pauldrons

Meski pada intinya Dota 2 merupakan sebuah game MOBA, namun terkadang Valve merilis banyak mini-game dengan berbagai mode menarik, seperti Tower Defense atau RPG.

Salah satunya adalah Dark Moon, sebuah mini-game yang dapat dimainkan hingga 5 orang untuk menjaga Ancient dari serbuan musuh. Karena boss terakhir untuk event ini adalah Invoker, maka skin 10th Anniversary-nya mengangkat Invoker untuk mengenang Dark Moon.

2018 - Gabe Newel Chat Lines

Sosok Gabe Newell, atau yang akrab dipanggil Gaben, sangatlah kuat di benak setiap pemain Dota 2. Meski ia menjabat sebagai CEO di Valve, ia selalu menyempatkan diri untuk memberi kata sambutan di setiap TI.

Salah satu momen yang mengejutkan adalah perilisan Gaben Mega Kill Announcer pack, yang diisi langsung oleh Gaben.

2019 - Hidden Vector

Skin ini dirilis untuk mengenang momen rilisnya saudara keempat dari Spirit Brothers. Pada TI9 yang diadakan di Shanghai, Tiongkok, Void Spirit untuk pertama kalinya diumumkan bersama dengan Snapfire.

2020 - Aghanim's Roshan skin

Mode mini-game musiman lain yang sangat populer di masanya adalah Aghanim's Labyrinth. Melalui mode ini, pemain akhirnya diperlihatkan sosok Aghanim, yang merupakan pencipta salah satu item ikonik di Dota 2, Aghanim's Scepter. Item ini memberikan kemampuan khusus yang berbeda antara Hero satu dengan yang lainnya.

Berbeda dengan Dark Moon atau Siltbreaker, Aghanim's Labyrinth menyuguhkan sebuah mode game dengan gauntlet style. Event ini cukup sulit sehingga membutuhkan konsentrasi dan kepiawaian dalam mengalahkan Aghanim.

2021 - Mirana Persona Bundle

Perilisan kembali Persona Mirana ini untuk mengingatkan kembali seri DOTA: Dragon's Blood yang tayang pada 2021 di Netflix. Seri ini menjadi seri animasi resmi pertama yang menceritakan dunia Dota 2.

Seri ini tayang perdana mulai 25 Maret 2021 dan kini memasuki musim ketiga yang direncanakan tayang dalam waktu dekat.

2022 - Shader Effect 2023

Meski di tahun tersebut tidak banyak yang terjadi, namun Dota 2 mengingatkan kembali dengan sebuah event Diretide yang sempat berlangsung. Meski Diretide bukanlah event yang benar-benar segar karena sudah diulang beberapa kali, namun Diretide tahun ini memberikan sebuah efek unik, dengan menampilkan Dota 2 dengan efek khusus seperti film lama.

Untuk itu mengenang hal ini, Valve merilis sebuah shader effect yang membuat pemain seolah sedang bermain Dota 2 menggunakan layar CRT atau monitor tabung. Sayangnya, efek ini tidaklah bersifat permanen dan hanya aktif hingga akhir musim ini.

2023 - Tormentor skin

Dan yang terakhir adalah skin Tormentor yang menjadi penanda update terbesar di tahun ini, yakni update 7.33. Di update ini, Dota 2 memberikan perluasan map dan berbagai objektif-objektif baru, salah satunya adalah Tormentor.

Alasan mengapa terdapat 13 skin meski Dota 2 berusia 10 tahun adalah karena hadiahnya dihitung sejak Dota 2 masih dalam tahap beta. Jadi tahun pertamanya baru dihitung per tahun 2013 ketika memasuki Dota 2 Reborn. Jika Anda tertarik dengan sejarah lengkap Dota 2, Hybrid sudah merangkumnya di sini.