18 September 2023

by Dimas Galih W.

Lexar Luncurkan NM790, Ares DDR5 RGB 6400, SD Card Silver Pro, serta SL600 Portable

Lexar kembali meluncurkan beberapa produknya di Indonesia yang berbasiskan nand flash. Semua perangkat memiliki kecepatan yang tinggi

Lexar, merek global terkemuka untuk Flash Memory, baru saja merilis beragam produk baru yang dirancang bagi para profesional fotografi dan penggemar PC. Produk-produk baru ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan kecepatan tinggi dan kapasitas yang besar, dan akan membantu pengguna untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.

Untuk mendistribusikan produknya di Indonesia, Lexar menunjuk PT. Astrindo Senayasa. Perusahaan yang berpusat di Mangga Dua Square ini sudah dikenal menjadi salah satu distributor IT terbesar dengan jaringan distribusi dan layanan purna jual di seluruh Indonesia semenjak tahun 1991.

Ada beberapa produk yang diluncurkan oleh Lexar pada tanggal 14 September 2023 yang lalu bertempat di Penang Bistro Gatot Subroto.

SSD NVMe NM790 M.2

Salah satu produk baru yang diluncurkan Lexar adalah SSD NVMe NM790 M.2. SSD ini tersedia dalam kapasitas mulai dari 512 GB hingga 4 TB, dan memberikan kecepatan luar biasa yaitu baca 7400MB/s dan tulis 6500MB/s dengan teknologi PCIe Gen 4 x4. Lexar mengklaim bahwa SSD ini menggunakan kontroler dengan proses pabrikasi 12 nm. NM790 masih menggunakan arsitektur DRAM-less dari Lexar, namun menggunakan Dynamic SLC cache dan HBM 3.0.

SSD NM790 M.2 dilengkapi heatsink yang sudah terintegrasi, yang juga memastikan sistem tetap dingin untuk menjaga kecepatan, efisiensi daya, dan kontrol termal yang baik. Lexar menjual SSD yang satu ini dalam 2 varian, yaitu dengan heatsink dan tanpa heatsink. Memori ini kompatibel dengan komputer desktop dan sangat cocok untuk digunakan dengan PlayStation 5.

Lexar sendiri sudah melakukan tes pada SSD yang satu ini. Pada platform AMD dan Intel, SSD ini mampu berlari di atas 7 GB/s. Tentunya perangkat ini akan sangat meningkatkan kinerja sebuah komputer. Berikut adalah hasil pengujian yang dilakukan oleh Lexar.

Memori Lexar ARES RGB DDR5

Lexar juga meluncurkan Memori Lexar ARES RGB DDR5 (2x16GB) 6400MT/s. Memori ini memungkinkan para gamer dan enthusiast PC merasakan performa yang tinggi dengan DDR5 Next Gen. Pada acara peluncuran ini, hanya diluncurkan yang versi 6400 saja. Hal tersebut dikarenakan versi 5600 dan 6000 sudah tersedia di pasar Indonesia.

Selain performa, memori ini juga dilengkapi Lexar RGB Sync sehingga gamer dapat menyesuaikan LED RGB sesuai dengan gaya mereka, dan penyebar panas aluminium premium yang ramping menjaga sistem tetap dingin. Memori ini dibangun dengan ECC on-die, yang memanfaatkan koreksi kesalahan data real-time untuk meningkatkan stabilitas dan keandalan data.

Memori ini tentunya sudah mendukung profile Intel XMP 3.0 dan AMD Expo.

SD Card Lexar Professional SILVER PRO

Selain kedua produk baru tersebut, Lexar juga memiliki SD card dengan kecepatan tulis hingga 160MB/s, yaitu SD Card Lexar Professional SILVER PRO. Kartu ini ditujukan untuk menangkap video 4K serta gambar dengan kapasitas besar dan memiliki kecepatan baca hingga 280MB/s.

Dengan kapasitas hingga 512GB, SD Card Lexar Professional SILVER PRO memastikan fotografer dan videografer dapat tetap mengambil gambar tanpa buffer dan terus memotret. Kartu ini juga memiliki peringkat V60, yang memungkinkan pengguna menangkap video menakjubkan dalam Full-HD dan 4K dengan kecepatan tinggi.

Portable SSD SL600

Terakhir, Lexar juga memiliki produk lain yang ditujukan untuk pengguna yang bekerja dengan file berukuran besar di lapangan, yakni Portable SSD SL600. Portable SSD SL600 tersedia dalam kapasitas 512GB hingga 2TB, dan memiliki kecepatan read/write yang sangat cepat hingga 2000MB/s. Interface yang digunakan pada SSD eksternal ini adalah USB 3.2 Gen 2x2 dengan port USB-C.

Portable SSD SL600 juga dilengkapi casing aluminium tahan lama dengan lapisan sandblasted, yang memberikan ketahanan dan keandalan lebih baik. SL600 merupakan versi dari SL660 yang tidak memiliki lampu LED RGB. Produk ini akan tersedia pada bulan September untuk kapasitas 512 GB dan 1 TB. Untuk kapasitas 2 TB, Lexar menjanjikan akan tersedia di Indonesia pada kuartal ke 4 tahun 2023.

Sayangnya pada acara peluncuran kali ini, Lexar tidak menjabarkan harga dari masing-masing produk yang mereka luncurkan. Oleh karena itu, konsumen bisa langsung mendatangi website  Lexar atau PT. Astrindo Senayasa.