Ringkasan Genshin Impact 4.0: Perjalanan Traveller di Fontaine Akhirnya Dimulai

Fontaine menawarkan daerah baru untuk dijelajahi dengan mekanik menyelam di berbagai jenis perairan dengan segudang biota

HoYoverse baru saja mengumumkan konten apa saja yang akan pemain dapatkan pada Genshin Impact versi 4.0. Versi ini menjadi versi pembuka untuk daerah selanjutnya, Fontaine. Banyak hal baru dan menarik yang mereka sajikan melalui siaran langsung di YouTube dan Twitch.

Genshin Impact versi 4.0 akan dimulai pada tanggal 16 Agustus 2023 dan akan berlangsung selama 6 minggu. Berikut ini ringkasannya:

Karakter & Senjata Baru

Seperti yang sudah diperkenalkan sebelumnya, terdapat tiga karakter baru yang bisa pemain dapatkan, yakni Lyney (B5 Pyro Bow), Lynette (B4 Anemo Sword), dan Freminet (B4 Cryo Claymore). Ketiga karakter ini akan hadir secara terpisah dalam dua fase, yakni:

Fase #1: Lyney, Yelan, & Lynette

Fase #2: Zhongli, Childe, & Freminet

Untuk Lynette, pemain akan mendapatkan 1 unit secara gratis ketika mencapai AR 25 setelah update 4.0. Selain karakter, pemain juga akan mendapatkan material hingga Ascension Phase 1.

Bagi pemain baru, fitur ini akan diterapkan secara permanen dan material yang diberikan akan memudahkan pemain yang belum bisa mengakses daerah Fontaine secara leluasa.

Senjata Baru

Dilihat dari desain dan tema warnanya saja, bow ini kemungkinan besar akan menjadi senjata best-in-slot dari Lyney. Mengingat banner fase pertama menghadirkan 2 karakter limited bersenjata bow, maka senjata ini dipastikan akan berpasangan dengan senjata signature Yelan, Aqua Simulacra.

Daerah Baru: Fontaine

Memasuki versi 4.0, pemain akan melanjutkan perjalanan ke Fontaine. Karena bertemakan negara Hydro, maka topografi daerah ini akan didominasi oleh air dan perairan. Tema dan desainnya juga terinspirasi dari negara Prancis di periode Belle Époque (1871–1880) serta mengangkat desain dan motif Steampunk ala dunia fantasi.

Dalam livestream, banyak mekanik baru, baik eksplorasi maupun pertarungan, yang diperkenalkan. Dari sekian banyak hal yang disebutkan, setidaknya terdapat dua mekanik dasar baru yang penting diketahui ketika berkelana di daerah Fontaine, yaitu:

1. Diving System

Eksplorasi bawah laut merupakan fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh komunitas Genshin Impact. Karena mengangkat tema air, maka penyelaman bawah air menjadi salah satu yang paling melekat di benak pemain dalam video game manapun.

Dalam livestream, developer secara singkat menjelaskan bagaimana mereka mendesain setiap sudut Fontaine, mulai dari wilayah perkotaannya hingga dunia bawah laut. Bahkan mereka juga memamerkan sejumlah wilayah air yang terisolasi dan melayang di angkasa, yang menandakan bahwa mekanik menyelam tidak terpaku di bawah danau dan laut saja.

Setelah melewati tutorial, pemain akan langsung bebas menyelam di perairan Fontaine. Developer juga menyebutkan bahwa mereka mendesain mekanik menyelam sedemikian rupa agar bisa memaksimalkan pengalaman pemain dalam menikmati pemandangan wilayah bawah laut.

Salah satunya adalah dengan tidak adanya indikator oksigen yang sangat umum diterapkan di setiap video game yang mengimplementasikan mekanik menyelam. Fitur tersebut dianggap memberi tekanan kepada pemain untuk mengatur strategi dan tak jarang meninggalkan kesan negatif di benak pemain. Karena dianggap tidak sesuai dengan tujuan menyelam di Genshin Impact, maka mereka memutuskan untuk tidak memakai mekanik ini.

2. Arkhe System

Sistem ini akan mempengaruhi dinamika permainan dan menjadi mekanik khas dari Fontaine. Selama menjelajahi Fontaine, pemain akan menemui energi yang disebut dengan Ousia dan Pneuma. Kedua energi ini tidak bisa dipisahkan dari Fontaine dan diperlukan untuk berinteraksi dengan objek khusus hingga menghadapi musuh.

Ousia ditampilkan sebagai energi berwarna kebiru-biruan sedangkan Pneuma dengan warna keemas-emasan. Kedua energi ini tersebar di beberapa titik di Fontaine dan bisa diakses melalui interaksi pemain.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan karakter dengan properti khusus. Setiap Fontainian (karakter asal Fontaine) memiliki salah satu atau bahkan kedua energi ini dalam kemampuannya. Contohnya adalah Lyney dan Freminet merupakan pengguna Pneuma, sementara Lynette merupakan pengguna Ousia.

Seperti yang telah disebutkan, energi ini juga dimiliki oleh musuh. Dengan memberikan energi yang sesuai, maka musuh akan menerima efek khusus, seperti damage tambahan maupun debuff.

Quest Baru

Pemain akan melanjutkan cerita mencari saudara/i kembar Traveller di daerah Fontaine melalui Archon Quest Chapter 4. Jika dilihat dari trailer-nya, Focalor sang Hydro Archon sepertinya akan langsung terlibat di awal cerita.

Pengembang juga menyebutkan bahwa Archon Quest Chapter IV akan berlangsung selama 3 versi, yakni dari versi 4.0 hingga versi 4.2. Melihat kualitas dari cerita Sumeru, banyak pemain yang tidak sabar untuk menyaksikan kelanjutan cerita dan kejutan menarik lainnya.

Selain cerita utama, Lyney akan mendapatkan Story Quest. Pemain bisa melihat sisi lain dari karakter pesulap yang juga merupakan kakak tertua dari Lynette dan Freminet ini.

HoYoverse juga menyebutkan bahwa selain Lyney, Lynette, dan Freminet, terdapat juga karakter baru lain yang akan menghiasi jalannya cerita utama. Karakter-karakter tersebut sudah pernah dipamerkan melalui video singkat yang diunggah beberapa waktu lalu.

Musuh Baru

Memasuki daerah baru, tentunya pemain akan bertemu dengan musuh-musuh baru. Dari sekian banyak musuh yang disebutkan, terdapat dua jenis musuh bos yang cukup diberikan spotlight, mulai dari tahap desain hingga inspirasi yang diambil.

Keduanya dipastikan memiliki material yang dibutuhkan untuk menaikkan level dari karakter-karakter Fontainian.

Artifact Baru

Seperti biasa, dalam Major Version akan diperkenalkan sepasang Artifact baru yang menawarkan efek menarik. Kali ini, Artifact tersebut adalah Golden Troupe (yang berfokus meningkatkan damage Elemental Skill) dan Marechaussee Hunter (yang berfokus meningkatkan Normal dan Charged Attack, serta Crit Rate ketika karakter aktif mengalami perubahan HP).

Senjata Crafting Baru

Satu set senjata Craft juga akan dihadirkan di versi ini. Sayangnya, HoYoverse hanya memberikan nama dan rupa kelima senjata tersebut tanpa memberikan informasi detail mengenai stat dan efek pasifnya.

Senjata Fishing Baru

Melanjutkan seri senjata dari fitur memancing, kali ini senjata yang bisa didapatkan adalah sebuah sword. Untuk mendapatkannya, pemain harus memancing sejumlah ikan khas Fontaine yang ditentukan. Selebihnya, efek dan stat dari senjata ini tidak dijelaskan lebih lanjut.

Senjata Battle Pass Baru

Setelah berjalan hampir 3 tahun sejak dirilis, Genshin Impact akhirnya memberikan update terhadap Battle Pass. Setelah versi 4.0, pilihan senjata Battle Pass akan bertambah, dengan masing-masing jenis senjata berjumlah dua untuk setiap jenisnya. Penambahan ini tidak akan menghapus senjata lama, sehingga pemain masih bisa mengakses senjata BP sebelumnya.

Event

Ada beberapa event menarik yang akan mengisi versi 4.0, di antaranya adalah:

Event Utama - Mega Meka Melee

Seperti biasa, event utama di versi 4.0 nantinya memiliki beberapa mode. Hadiah utama yang akan pemain dapatkan ketika menyelesaikan semua tantangan yang diberikan adalah sebuah satu unit Bennett secara gratis. Bennett merupakan karakter B4 yang sangat kuat dan juga cocok didapatkan oleh pemain yang belum lama bermain Genshin Impact.

Event - Relic Records: Creation of the Hydro Nation

Untuk mengenal daerah Fontaine lebih dekat, pemain akan diminta untuk mengumpulkan material tertentu, entah itu berupa tumbuhan khas Fontaine, bebatuan, hewan, hingga mengalahkan musuh tertentu. Jika kesulitan mencari objek yang diminta, pemain akan memperoleh petunjuk mengenai keberadaan objek tersebut.

Event - Studies in Light and Shadow: A Fontaine of Enchantment

Masih sama dengan tujuan event sebelumnya, pemain akan diminta untuk memotret makhluk hidup yang tinggal di daerah Fontaine. Event ini akan memamerkan keindahan dari pemandangan Fontaine, baik ekosistem daratan maupun kehidupan bawah lautnya.

Event - Verdict of Blades

Event ini merupakan event pertarungan yang memperkenalkan musuh-musuh baru Fontaine beserta energinya. Melalui event ini, pemain diharapkan lebih familier dengan energi Ousia dan Pneuma. Tentunya pemain juga akan dibantu dengan buff khusus untuk menyelesaikan tantangan.

Leyline Overflow

Sebagai penutup, Leyline Overflow akan hadir kembali di akhir versi 4.0. Manfaatkan event ini untuk mendapatkan lebih banyak Mora atau Hero's Wit.

Fitur Baru

Selain konten baru, ada juga sejumlah fitur baru dan optimalisasi sistem yang akan segera diterapkan, antara lain:

Artifact Strongbox & Inventory Update

Jenis Artifact yang tersedia pada Strongbox akan ditambahkan. Terdapat delapan jenis Artifact (yang rilis sejak versi 1.5 hingga versi 2.8) yang bisa pemain dapatkan melalui Strongbox.

Limit dari Inventory juga akan ditambahkan, dari yang sebelumnya berkapasitas maksimal 1.500 menjadi 1.800. Pilihan untuk memilih Artifact B4 juga akan ditambahkan pada fitur penghancuran Artifact di Inventory.

Multi-Layered Map

Karena memiliki dunia yang kompleks, Genshin Impact akhirnya akan menerapkan Multi-Layered Map ke dalam game. Ketika pemain mendarat ke bagian peta tertentu dengan tingkat yang berbeda, maka minimap akan menyesuaikan dengan daerah yang sedang dijelajahi.

Party Setup Screen

Genshin Impact memberikan pembaruan terhadap tampilan dari Party Setup. Jika sebelumnya karakter anggota tim hanya berdiri sejajar, sekarang karakter-karakter tersebut akan memasang pose unik dengan latar belakang yang unik pula.

Update Genius Invokation TCG Function: Observe Duel

Bagi para penggemar permainan kartu Genius Invokation TCG, nantinya pemain dapat menonton duel dari pemain lain. Fitur ini bersifat opsional, sehingga pemain bisa membuka atau menutup izin permintaan menonton.

Selain itu, akan ada sejumlah kartu baru yang akan dimasukkan ke dalam game, yang juga meliputi tiga kartu karakter seperti Qiqi, Albedo, dan Lisa.

Gyroscope Controller Support

Developer berjanji bahwa mereka juga akan memberikan dukungan terkait pengaturan Gyroscope untuk platform PC dan PlayStation. Untuk detail lebih lanjut akan dijelaskan setelah versi 4.0 dimulai.

Itulah tadi ringkasan livestream Genshin Impact versi 4.0. Versi besar ini akan menjadi penanda dimulainya babak baru Genshin Impact.

Dari segi ceritanya saja, kemunculan Childe sebagai anggota Fatui Harbinger mengisyaratkan bahwa peran Fatui dalam konflik di Fontaine kali ini akan lebih terang-terangan. Sayangnya, absennya Arlecchino sebagai karakter yang paling ditunggu penonton di livestream membuat komunitas harus lebih sabar menunggu.